Febriani, Dewi Sinta (2025) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI CHATBOT PADA WEBSITE REKOMENDASI PARIWISATA DI KOTA BANDUNG. Project Report (Praktek Kerja Lapang). UPN VETERAN Jatim, Surabaya. (Unpublished)
![]() |
Text (Cover)
CoverPKL.pdf Download (850kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
bab1 (1).pdf Download (18kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
BABII.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2028. Download (219kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 Gambaran Umum.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2028. Download (210kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 Pelaksanaan.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2028. Download (129kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 Hasil.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 Penutup.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Datpus.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2028. Download (791kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi informasi telah mengubah cara masyarakat mencari informasi, termasuk dalam sektor pariwisata. Kota Bandung, sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia, membutuhkan inovasi dalam menyajikan informasi pariwisata yang efektif dan interaktif. Praktik Kerja Lapangan ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan chatbot pada website rekomendasi pariwisata di Kota Bandung dengan menggunakan metode Design Thinking. Metode Design Thinking dipilih karena pendekatan ini berfokus pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pengguna, yang penting dalam menciptakan solusi yang user-friendly dan relevan. Praktik Kerja Lapangan dimulai dengan tahap Empathize, di mana dilakukan observasi untuk memahami kebutuhan dan masalah yang dihadapi wisatawan. Tahap Define digunakan untuk merumuskan permasalahan utama berdasarkan temuan pada tahap sebelumnya. Pada tahap Ideate, berbagai solusi kreatif diajukan dan dievaluasi, menghasilkan konsep chatbot sebagai solusi utama. Selanjutnya, tahap Prototype melibatkan pembuatan prototipe chatbot yang kemudian diintegrasikan dengan website pariwisata pada tahap Test. Hasil dari PKL ini menunjukkan bahwa chatbot yang dikembangkan mampu memberikan rekomendasi wisata yang personal dan interaktif, mempermudah wisatawan dalam merencanakan perjalanan mereka di Kota Bandung. Pendekatan Design Thinking juga efektif dalam merancang solusi teknologi dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Implementasi chatbot ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman wisatawan dan mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kota Bandung. Kata Kunci : Chatbot, Website, Desain Thinking, Pariwisata.
Item Type: | Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang)) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||
Depositing User: | Dewi Sinta Febriani | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2025 01:35 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jun 2025 01:35 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/38287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |