Implementasi Virtual Tour Sebagai Media Promosi di Asriloka Wonosalam

Gilang Wiryawan, Arya (2025) Implementasi Virtual Tour Sebagai Media Promosi di Asriloka Wonosalam. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "veteran" Jawa Timur.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2028.

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2028.

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2028.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (335kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB)

Abstract

Awal mula munculnya Virtual tour ditandai ketika Covid-19 mewabah ke seluruh dunia. Covid-19 merupakan wabah pandemi global yang menyebar dan berdampak pada hampir seluruh negara dan wilayah. Virtual Tour merupakan simulasi dari sebuah lokasi yang ada, terdiri dari serangkaian gambar diam yang dibentuk oleh panorama dengan tampilan yang tidak terputus, dalam virtual tour dapat ditambahkan elemen multimedia seperti efek suara, musik, narasi, dan teks. Virtual Tour sendiri dapat digunakan untuk melihat secara langsung kondisi suatu destinasi pariwisata. Virtual tour membuat wisatawan akan seolah-olah berada dan merasakan sensasi dan situasi di destinasi yang divirtualisasikan. Salah satu destinasi pariwisata yang menggunakan teknologi virtual tour adalah Asriloka Wonosalam yang berada di Wonosalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Peneliti mewawancarai divisi digital marketing Asriloka Wonosalam dan pengunjung yang pernah berkunjung ke Asriloka Wonosalam. Setelah melakukan pengumpulan data dan wawancara dengan narasumber terkait, didapatkan hasil bahwa terbukti virtual tour di Asriloka Wonosalam memiliki efektivitas sebesar 70% sebagai media promosi tambahan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah kunjungan yang sebelumnya 100-200 pengunjung per bulan. Per Juni 2024 sekarang, pengunjung di Asriloka mencapai 300-400 pengunjung per bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisoryudhiasta, sheidyNIDK198904202022032003UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Tourism
Depositing User: Arya Gilang Wiryawan
Date Deposited: 16 Jan 2025 08:35
Last Modified: 16 Jan 2025 08:37
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/33966

Actions (login required)

View Item View Item