PERANCANGAN SISTEM KELUHAN PUSKESMAS BERBASIS WEB TERHADAP DIVISI IT PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN SIDOARJO

Assobary, Nur Hasan and Sabila, Fariza Nanda PERANCANGAN SISTEM KELUHAN PUSKESMAS BERBASIS WEB TERHADAP DIVISI IT PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN SIDOARJO. Project Report (Praktek Kerja Lapang). Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text
PKL_SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PKL_BAB1.pdf

Download (13kB)
[img] Text
PKL_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 June 2027.

Download (144kB)
[img] Text
PKL_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 June 2027.

Download (130kB)
[img] Text
PKL_BAB4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PKL_BAB5.pdf

Download (115kB)
[img] Text
PKL_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
PKL_LAMPIRAN.pdf

Download (64kB)

Abstract

Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu kantor kedinasan milik pemerintah yang berada dibawah Kementerian Kesehatan. Dinas Kesehatan ini memiliki peranan sebagai pengatur, penyelenggara, penyusun, pemberi fasilitas, dan pembinaan terkait bidang kesehatan di setiap daerah Kota/Kabupaten. Puskesmas menjadi salah satu instansi pemerintahan yang bekerja dalam bidang kesehatan dibawah naungan Dinas Kesehatan. Di Kabupaten Sidoarjo sendiri, terdapat ± 26 Puskesmas yang seluruhnya berada dalam naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Pengintegrasian data dilakukan melalui sistem bernama SIKDA agar Dinas Kesehatan dapat melakukan peninjauan kinerja terhadap puskesmas. Namun dalam implementasinya sistem ini belum berjalan secara optimal hanya 7 Puskesmas yang dapat menjalan sistem ini pada proses bisnisnya dan 1 Puskesmas yang dapat menjalankan seluruh modul yang ada dalam sistem ini. Karena permasalahan tersebut, dimintalah sebuah sistem keluhan yang diperuntukan untuk Puskesmas agar dapat mengirimkan permasalahan yang dihadapi dan dapat segera dilakukan pemecahan solusi atas bantuan Dinas Kesehatan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap beberapa puskesmas dengan mengambil 5 puskesmas (terdiri dari 3 puskesmas dengan status telah menjalankan sistem dan 2 puskesmas yang belum menjalankan sistem). Dari data yang didapatkan akan digunakan untuk melakukanrancangan desain terhadap sistem keluhan yang akan dibuat. Perancangan sistem keluhan puskesmas ini juga diaharapkan dapat digunakan sebagai bentuk laporan kegiatan bagi divisi IT di Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan dapat digunakan sebagai pelaporan kegiatan terhadap pimpinan karena kadang kegiatan divisi IT yang dianggap kurang adanya bukti secara fisik.

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Fariza Nanda Sabila
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:21
Last Modified: 04 Jun 2024 04:21
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24088

Actions (login required)

View Item View Item