Strategi Pengembangan Usaha Susu Sapi Perah di UD. Rojo Susu Sapi Kota Surabaya

Putri, Dhamayanti Mutiara (2022) Strategi Pengembangan Usaha Susu Sapi Perah di UD. Rojo Susu Sapi Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
18024010033_Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
18024010033_Bab 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
18024010033_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 22 September 2024.

Download (201kB)
[img] Text (BAB III)
18024010033_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 22 September 2024.

Download (159kB)
[img] Text (BAB IV)
18024010033_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 22 September 2024.

Download (541kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
18024010033_Bab 5.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18024010033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
18024010033_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 22 September 2024.

Download (875kB)

Abstract

Keberadaan UD. Rojo Susu Sapi dikenal sebagai daerah penghasil susu sapi perah, karena berkompeten menghasilkan produk susu segar walaupun usaha sapi perah berskala kecil dengan kepemilikan sapi 6–20 ekor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, menganalisis keragaan usaha meliputi biaya, penerimaan, dan pendapatan, menyusun strategi pengembangan usaha susu sapi perah. Responden terdiri dari 3 pihak internal dan 3 pihak eksternal dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan analisis usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dari kekuatan dan kelemahan yaitu pengalaman produksi susu sapi penggunaan modal usaha kualitas produk akses pemasaran saluran distribusi sarana dan prasarana menunjang, kurangnya SDM, daya tahan susu teknologi administrasi keuangan kemasan produk dan promosi. Faktor eksternal dari peluang dan ancaman yaitu terjalinnya hubungan baik dengan stakeholder loyalitas pelanggan agen memperluas pasar daya beli konsumen dan kemitraan banyaknya pesaing munculnya usaha produk sejenis berkembangnya produk susu dengan berbagai inovasi harga relatif tinggi dan adanya produk subtitusi di pasar, penerimaan usaha diperoleh sebesar Rp 17.640.000/bulan dengan pendapatan yang diperoleh sebesar Rp 1.269.383/bulan. Strategi pengembangannya melalui terletak pada Kuadran II yang berarti situasi ini menggunakan strategi diversifikasi atau strategi ST.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNugroho, Sigit DwiNIDN0028065909sigit.agri@upnjatim.ac.id
Thesis advisorSoedarto, TeguhNIDN0720065601teguh_soedarto@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1401 Agriculture-Economic aspects
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Dhamayanti Mutiara Putri
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:59
Last Modified: 22 Sep 2022 06:59
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/9494

Actions (login required)

View Item View Item