KEPUASAN MASYARAKAT TANI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUHAN PERTANIAN (Studi Kasus di Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik)

NURHAYATI, TIAS (2022) KEPUASAN MASYARAKAT TANI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUHAN PERTANIAN (Studi Kasus di Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 10 February 2024.

Download (374kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 10 February 2024.

Download (249kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 10 February 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA WISUDA.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik oleh aparatur pemerintah, dewasa ini masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan. Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarkat terhadap pelayanan publik pada Balai penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Benjeng dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi indeks kepuasan masyarkat terhadap pelayanan publik pada Balai penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Benjeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Benjeng. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purpose yaitu pengurus kelompok tani dari setiap kelompok tani di kecamatan Benjeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk Balai penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Benjeng adalah 3,16 dengan angka konversi sebesar 79,00. Maka kinerja pelayanan publik berada dalam kategori mutu pelayanan baik. Hasil dari 14 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat adalah sebagai berikut: (1) prosedur pelayanan memiliki nilai IKM 88,75 dengan kategori baik,(2) persyaratan pelayanan memiliki nilai IKM 89,25 dengan kategori baik,(3) kejelasan penyampaian informasi memiliki nilai IKM 87,00 dengan kategori baik; (4) ketepatan jadwal penyuluhan memiliki nilai IKM 90,75 dengan kategori baik; (5) tanggungjawab petugas pelayanan penyuluh memiliki nilai IKM 81,05 dengan kategori baik; (6) kemampuan penyuluh memiliki nilai IKM 81,75 dengan kategori baik; (7) kecepatan dan ketanggapan penyuluh memiliki nilai IKM 83,75 dengan kategori kurang baik; (8) keadilan mendapatkan pelayanan memiliki nilai IKM 82,05 dengan kategori baik; (9) kesopanan dan keramahan penyuluh memiliki nilai IKM 87,00 dengan kategori baik; (10) adanya Demonstrasi plot memiliki nilai IKM 60,00 dengan kategori kurang baik; (11) kesesuaian materi penyuluhan memiliki nilai IKM 85,05 dengan kategori baik; (12) kehadiran penyuluh dalam musyawarah petani memiliki nilai IKM 82,75 dengan kategori baik; (13) kerjasama dengan pihak lain memiliki nilai IKM 51,05 dengan kategori kurang baik; dan (14) intensitas kunjungan memiliki nilai IKM 73,25 dengan kategori baik. Terdapat 12 indikator yang menjadi faktor pendukung kepuasan masyarakat tani dan 2 faktor penghambat kepuasan masyarakat tani. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHIDAYAT, SYARIF IMAMNIDN0718026301UNSPECIFIED
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:21
Last Modified: 10 Feb 2022 02:21
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5200

Actions (login required)

View Item View Item