PERILAKU FOLLOWERS @RLTHINGY DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Netnografi pada Followers Akun Twitter @rlthingy dengan Metode Kualitatif)

HIDAYATI, DIAH KURNIA (2019) PERILAKU FOLLOWERS @RLTHINGY DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Netnografi pada Followers Akun Twitter @rlthingy dengan Metode Kualitatif). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
Skripsi Diah Kurnia Hidayati (1543010041)-1-15.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Skripsi Diah Kurnia Hidayati (1543010041)-16-29.pdf

Download (886kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Skripsi Diah Kurnia Hidayati (1543010041)-30-71.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text (BAB 3)
Skripsi Diah Kurnia Hidayati (1543010041)-72-85.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text (BAB 4)
Skripsi Diah Kurnia Hidayati (1543010041)-86-172.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Skripsi Diah Kurnia Hidayati (1543010041)-173-177.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi Diah Kurnia Hidayati (1543010041)-178-182.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Skripsi Diah Kurnia Hidayati (1543010041)-183-292.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial saat ini telah berperan sebagai sumber informasi. Twitter juga menjadi salah satu media yang menjadi tempat untuk mencari berbagai macam informasi. Seiring perkembangan teknologi, kini hadirlah salah satu fitur Twitter yang disebut Mention Confess (Menfess). Aktivasi Menfess tersebut dikembangkan oleh akun Twitter @biolbe. Kehadiran akun Twitter yang memiliki fitur menfess (Autobase) sendiri kini semakin marak dan memiliki tujuannya masing-masing. Salah satu Autobase yang memiliki followers terbanyak di Indonesia adalah @rlthingy. @rlthingy adalah autobase yang ditujukan untuk membagi semua hal yang berkaitan dengan kehidupan pribadi dan tidak memiliki batasan jenis Menfess apa yang harus dikirimkan.. Pertanyaan seputar tugas sekolah, saran atas suatu permasalahan, pemilihan sebuah produk hingga aktivtas jual beli bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi di sana. Penelitian ini akan menggunakan teori Computer-Mediated Communication, (CMC), Social Information Process Theory (SIP), Kontruktivisme dan Pencarain Informasi. Dalam pencarian datanya, peneliti menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan netnografi. Hasil dari penelitian ini akan menunjukkan bagaimana perilaku followers akun Twitter autobase @rlthingy dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Di dalamnya akan dijelaskan bagaimana motivasi, kebiasaan, respons, serta pola komunikasi yang dilakukan oleh para followers. Kata Kunci: Media Sosial, Twitter, Kebutuhan Informasi, Pencarian Informasi, Perilaku Followers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCandrasari, YuliNIDN37079400271UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 29 Jun 2021 05:17
Last Modified: 29 Jun 2021 05:43
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item View Item