Chumairoh, Devi Aprilia (2024) Efektivitas Aplikasi E-Office Sabdopalon ( Sistem Administrasi, Berita, Data Deso Dan Pelayanan Online) Dalam Meningkatkan Digital Governance Di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
20041010186 - cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
20041010186 - bab 1.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text (Bab 2)
20041010186 - bab 2.pdf Restricted to Registered users only until 25 January 2026. Download (596kB) |
||
Text (Bab 3)
20041010186 - bab 3.pdf Restricted to Registered users only until 25 January 2026. Download (361kB) |
||
Text (Bab 4)
20041010186 - bab 4.pdf Restricted to Registered users only until 25 January 2026. Download (909kB) |
||
|
Text (Bab 5)
20041010186 - bab 5.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
20041010186 - daftarpustaka.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
20041010186 - lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 25 January 2026. Download (950kB) |
Abstract
Dewasa ini perkembangan teknologi telah melahirkan banyak inovasi terutama dalam sektor pemerintahan. Melalui Peraturan Presiden No 95 Tahun 2018 menjelaskan skema pemerintah yang harus berlandaskan pada pemanfaatan teknologi digital. Pelayanan publik di pemerintahan desa sering dihadapkan berbagai masalah seperti antrian pemohon. Sabdopalon merupakan inovasi pemkab Jombang dalam menjawab permasalahan tersebut, dengan aplikasi Sabdopalon pelayanan berbasis online mempersingkat waktu pelayanan online yang didapatkan masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi efektivitas aplikasi Sabdopalon. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya aplikasi Sabdopalon dirasa cukup efektif untuk masyarakat Jombang, masyarakat dapat melakukan permohonan dimana saja dan kapan saja. Namun, terdapat beberapa masyarakat masih terbatas dalam akses sarana seperti smartphone dan jaringan yang belum stabil. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan publik menggunakan pelayanan berbasis digital melalui aplikasi Sabdopalon sudah efektif dalam mempercepat permohonan yang diminta masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
Depositing User: | Devi Aprilia Chumairoh | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2024 06:01 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2024 06:01 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/20677 |
Actions (login required)
View Item |