STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIAS DALAM RANGKA PENINGKATAN EKSPOR

Setyowati, Tintin (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIAS DALAM RANGKA PENINGKATAN EKSPOR. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
00 Cover.pdf

Download (715kB)
[img] Text (Bab I)
01 Bab I.pdf

Download (634kB)
[img] Text (Bab II)
02 Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (671kB)
[img] Text (Bab III)
03 Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (521kB)
[img] Text (Bab IV)
04 Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
05 Bab V.pdf

Download (11kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text (Lampiran)
07 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha tanaman hias di CV. Sekar Wana Jaya dan merumuskan strategi pengembangan ekspor tanaman hias dalam rangka peningkatan ekspor. Penelitian ini menggunakan responden yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif dan Analisis Hirarki Proses (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kondisi usaha tanaman hias di CV. Sekar Wana Jaya dalam rangka peningkatan ekspor pengelolaan usaha tanaman hias ekspor yang efektif dapat mendukung penciptaan nilai dalam perusahaan implementasi usaha tanaman hias ekspor CV. Sekar Wana Jaya mencerminkan integrasi antara sistem budidaya, logistik, karantina, ekspor, hingga digitalisasi pemasaran. Model ini menjadi contoh bagaimana perusahaan agribisnis skala menengah mampu bersaing di pasar global dengan strategi yang kolaboratif dan berbasis teknologi. 2) Strategi alternatif pengembangan tanaman hias dalam rangka peningkatan ekspor CV. Sekar Wana Jaya yaitu strategi Optimalisasi Digital Marketing dan Marketplace Ekspor untuk Penetrasi Pasar Internasional, Peningkatan Reputasi Ekspor Melalui Quality Control dan Sertifikasi Karantina, Pengembangan Produk Berbasis Tren Global dan Teknologi Modern, Layanan Pelanggan Berbasis Digital untuk Meningkatkan Daya Saing dan Kolaborasi Promosi Ekspor Bersama Lembaga Pemerintah dan Buyer Internasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRizkiyah, NoorNIDN1120077401noorrizkiyah@yahoo.com
Thesis advisorMubarokah, MubarokahNIDN0714116201mubarokah@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Magister Agribusiness
Depositing User: Tintin Setyowati Setyowati
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:43
Last Modified: 22 Sep 2025 08:43
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/44533

Actions (login required)

View Item View Item