Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Marketplace Barbershop BarberGo dengan Metode User Centered Design

Ramadhani, Nasywa Zahira (2025) Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Marketplace Barbershop BarberGo dengan Metode User Centered Design. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
21082010083-cover.pdf

Download (741kB)
[img] Text (Bab 1)
21082010083-bab1.pdf

Download (238kB)
[img] Text (Bab 2)
21082010083-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 September 2027.

Download (406kB)
[img] Text (Bab 3)
21082010083-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 September 2027.

Download (178kB)
[img] Text (Bab 4)
21082010083-bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 September 2027.

Download (17MB)
[img] Text (Bab 5)
21082010083-bab5.pdf

Download (9kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
21082010083-daftarpustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text (Lampiran)
21082010083-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Barbershop merupakan UMKM yang bergerak di sektor jasa pelayanan pangkas dan perawatan rambut. Dengan persaingan industri yang semakin ketat, terdapat permasalahan di barbershop dalam memilih model rambut yang sesuai dengan preferensi pelanggan dan desain antarmuka dalam aplikasi barbershop yang telah tersedia masih terbilang rumit. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan solusi desain antarmuka dan pengalaman pengguna aplikasi mobile marketplace barbershop BarberGo dengan metode User Centered Design. Metode penelitian yang digunakan melibatkan empat tahapan utama User Centered Design yang terdiri dari Understand Context of Use, Specify User Requirements, Design Solutions, dan Evaluate Against Requirements. Pengumpulan data melalui metode studi literatur dan wawancara dengan masing-masing kelima responden pelanggan dan barbershop. Hasil wawancara kemudian diolah dan dianalisis untuk mendapatkan solusi desain antarmuka yang memiliki nilai usability yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan perbandingan yang signifikan antara hasil evaluasi usability pada tahap pertama dan kedua. Pada hasil evaluasi tingkat usability, dari sisi pelanggan mengalami peningkatan nilai usability sebesar 18.16% dengan hasil akhir 80.74% dan barbershop mengalami peningkatan nilai usability sebesar 17.19% dengan hasil akhir 82.28%. Pada hasil evaluasi System Usability Scale (SUS), dari sisi pelanggan mengalami peningkatan nilai sebesar 27 dengan hasil akhir 93 dan barbershop mengalami peningkatan nilai sebesar 26 dengan hasil akhir 94. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa desain antarmuka aplikasi mobile marketplace barbershop BarberGo telah memiliki tingkat kegunaan yang baik, serta dapat diterima dan layak digunakan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWati, Seftin Fitri AnaNIDN0020039104seftin.fitri.si@upnjatim.ac.id
Thesis advisorFitri, Anindo SakaNIDN0025039303anindo.saka.si@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Nasywa Zahira Ramadhani
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:24
Last Modified: 15 Sep 2025 08:24
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/43593

Actions (login required)

View Item View Item