ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KINERJA UPT PENGAWASAN DAN SERTIFIKASI BENIH PERKEBUNAN

Purwanti, Arinta (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KINERJA UPT PENGAWASAN DAN SERTIFIKASI BENIH PERKEBUNAN. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
00 Cover.pdf

Download (640kB)
[img] Text (BAB I)
01 Bab I.pdf

Download (486kB)
[img] Text (BAB II)
02 Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (427kB)
[img] Text (BAB III)
03 Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (466kB)
[img] Text (BAB IV)
04 Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (463kB)
[img] Text (BAB V)
05 Bab V.pdf

Download (11kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06 Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (580kB)

Abstract

UPT PSBP merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam sertifikasi, pelabelan, dan pengawasan mutu benih tanaman perkebunan. Peran strategisnya tidak hanya menjamin mutu benih, tetapi juga membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap produk benih nasional. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi pelayanan UPT PSBP terkait sertifikasi, pelabelan, dan pengawasan mutu benih perkebunan; (2) menganalisis variabel penentu yang memengaruhi kepuasan konsumen terhadap kinerja UPT PSBP; dan (3) mengevaluasi kinerja UPT PSBP dalam pelaksanaan layanan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan analisis deskriptif dan pengolahan data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh proses sertifikasi dan pelabelan dilaksanakan sesuai standar operasional yang berlaku, dengan pengawasan mutu dilakukan secara ketat untuk menjamin kualitas benih. Biaya sertifikasi merupakan variabel paling dominan yang memengaruhi kepuasan konsumen, diikuti oleh ketepatan waktu dan peluang pemasaran. Sebaliknya, layanan petugas tidak berpengaruh signifikan, diduga karena adanya pergeseran ke sistem layanan digital. Kinerja UPT PSBP secara umum dinilai baik, terutama pada aspek keramahan petugas, meskipun masih diperlukan peningkatan dalam hal kecepatan layanan dan keterampilan teknis. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi peningkatan mutu layanan publik di sektor perbenihan perkebunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSoedarto, TeguhNIDN0720065601teguh_soedarto@upnjatim.ac.id
Thesis advisorHendrarini, HamidahNIDN0712276002hamidah_h@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Magister Agribusiness
Depositing User: Arinta Purwanti Purwanti
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:03
Last Modified: 30 Jul 2025 07:03
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/41395

Actions (login required)

View Item View Item