SISTEM INFORMASI PENCATATAN METER AIR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS: KPSPAM TIRTA SARI MUNGGUGEBANG)

Rohman, Miftahur (2024) SISTEM INFORMASI PENCATATAN METER AIR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS: KPSPAM TIRTA SARI MUNGGUGEBANG). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (COVER)
20082010010_COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
20082010010_BAB I.pdf

Download (21kB)
[img] Text (BAB II)
20082010010_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 April 2027.

Download (488kB)
[img] Text (BAB III)
20082010010_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 April 2027.

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
20082010010_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
20082010010_BAB V.pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20082010010_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20082010010_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 28 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan di Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum Tirta Sari Munggugebang bertujuan untuk membuat sistem informasi pencatatan meter air agar dapat mempermudah pihak pengurus dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Permasalahan yang dihadapi adalah proses pendaftaran pelanggan baru yang mengharuskan calon pelanggan untuk menemui pihak pengurus, pencatatan tagihan yang masih menggunakan spreadsheet untuk petugas sedangkan untuk pelanggan masih manual, pembayaran tagihan hanya secara tunai, pemberitahuan informasi terbaru hanya melalui mulut ke mulut, serta pembuatan laporan tahunan yang masih dilakukan secara manual. Di dalam penelitian ini, metode untuk pengumpulan data menggunakan studi literatur dan wawancara. Metode Waterfall digunakan sebagai metode pengembangan yang memanfaatkan aplikasi Visual Studio Code untuk mempermudah dalam perancangan sistem. Dari penelitian ini dihasilkan Sistem Informasi pencatatan meter air berbasis web dengan menyediakan 10 fitur yang dapat digunakan oleh pihak pengurus dan pelanggan serta telah dilakukan pengujian baik dari sisi pengembang maupun pihak mitra dengan keberhasilan 100%. Adapun fitur-fitur tersebut berupa pencatatan meter air, pembayaran tagihan, pendaftaran pelanggan baru, pemberitahuan informasi, pengaduan, butuh bantuan, pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan, serta laporan data tagihan dan keuangan. Kata Kunci : Sistem Informasi, Pencatatan Meter Air, Metode Waterfall

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKartika, Dhian Satria YudhaNIDNdhian.satria@upnjatim.ac.id
Thesis advisorNajaf, Abdul Reza EfratNIDNrezha.efrat.sifo@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Miftahur Rohman
Date Deposited: 03 Jan 2025 06:54
Last Modified: 03 Jan 2025 06:54
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/33729

Actions (login required)

View Item View Item