PERAN SOCIAL MEDIA PROMOTION DAN FINTECH ADOPTION DALAM MENDORONG BUSINESS PERFORMANCE PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) INDUSTRI MUTIARA LOMBOK

Indra, Gunawan (2024) PERAN SOCIAL MEDIA PROMOTION DAN FINTECH ADOPTION DALAM MENDORONG BUSINESS PERFORMANCE PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) INDUSTRI MUTIARA LOMBOK. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text
COVER.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (686kB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan teknologi digital dalam bisnis menjadi nilai tambah pada Competitive advantage yang dapat meningkatkan Business Performance pada Usaha Kecil dan Menengah. Teknologi menjadi elemen penting dalam meningkatkan efisiensi operasional bisnis dan efektivitas pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh (1) Social Media Promotion, (2) Financial Technology terhadap (3) Business Performance dengan peran (4) Competitive Advantage sebagai mediasi pada Usaha Kecil dan Menengah industri mutiara Lombok. Pendekatan analisis Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) merupakan metode penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Usaha kecil dan menengah (UKM) di sektor mutiara Lombok yang menggunakan Financial Technology (Fintech) dan Social Media Promotion menjadi subjek penelitian. Ukuran sampel sebanyak 120 UKM yang tergabung dalam Lembaga Perlindungan Indikasi Geografis (LPGI) diperoleh melalui penggunaan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Social Media Promotion tidak berkontribusi terhadap peningkatan Business Performance, (2) Financial Technology berkontribusi terhadap peningkatan Business Performance, (3) Social Media Promotion berkontribusi dalam meningkatkan Competitive Advantage, (4) Fintech Adoption berkontribusi dalam meningkatkan Competitive Advantage, (5) Competitive Advantage memiliki kontribusi untuk peningkatan Business Performance, (6) Social Media Promotion berkontribusi dalam meningkatkan Business Performance melalui Competitive Advantage, dan (7) Financial Technology berkontribusi dalam meningkatkan Business Performance melalui Competitive Advantage. Kata Kunci: Social Media Promotion, Financial Technology, Business Performance, Competitive Advantage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWiwik, Handayani0713016901wiwik.em@upnjatim.ac.id
Thesis advisorNanik, Hariayana2110108701nanik.hariyana.ma@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.27 Business Forecasting
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic Planning
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Economic > Magister Management
Depositing User: Indra Gunawan Indra Gunawan
Date Deposited: 31 Dec 2024 04:03
Last Modified: 31 Dec 2024 04:03
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/33718

Actions (login required)

View Item View Item