PENGEMBANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEBSITE PADA PT. GENERASI ANAK MUDA BERKARYA

Fortuna, Dzaru Rizky Fathan (2024) PENGEMBANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEBSITE PADA PT. GENERASI ANAK MUDA BERKARYA. Project Report (Praktek Kerja Lapang). Dzaru Rizky Fathan Fortuna, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (860kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (107kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf

Download (96kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (751kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Customer Relationship Management (CRM) berbasis website didorong oleh kebutuhan PT. Generasi Anak Muda Berkarya untuk meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) dan agar pengolahan data digital di perusahaan menjadi terpusat. Pengembangan ini juga bertujuan untuk memperbaiki fitur-fitur yang tidak berjalan semestinya serta menambahkan fiturfitur baru untuk memenuhi kebutuhan perusahaan saat ini. Pengembangan CRM ini menggunakan teknologi Vue JS untuk pengembangan di sisi klien dan Golang Echo di sisi server. Dalam proses implementasi fitur mengikuti pedoman metode Agile. Tahap-tahap metode Agile, meliputi perencanaan, analisis kebutuhan sistem, pengembangan sistem, pengujian sistem, deployment ke production dan terakhir melakukan review apa yang telah dikerjakan. Implementasi fitur mencakup pembuatan CRUD (Create, Read, Update, dan Delete), pembuatan statistik data dalam bentuk chart, penjadwalan konten otomatis (scheduler), dan terakhir integrasi data melalui API dengan client-side. REST API dikembangkan dengan menerapkan pedoman prinsip Clean Architecture, sebuah prinsip desain perangkat lunak yang memisahkan kode berdasarkan tanggung jawabnya. Sementara pada pengembangan antarmuka pengguna (user interface) menerapkan pedoman Atomic Design, sebuah prinsip untuk membuat sistem yang dapat diskalakan, komponen yang dapat digunakan kembali, serta meningkatkan sistem desain (design system). Dengan berpedoman pada prinsip-prinsip ini, diharapkan kode program perusahaan menjadi lebih terstruktur, mudah dipelihara, dan dapat dikembangkan lebih lanjut di masa mendatang. Hasil dari pengembangan CRM ini memberikan dampak positif dalam pengolahan data digital di PT. Generasi Anak Muda Berkarya menjadi lebih terpusat dan pengguna akhir (end-user) dapat melakukan manipulasi data dengan lebih mudah. Proses pembaruan data pada fitur-fitur yang ada di website menjadi lebih dinamis, serta sekarang pengguna akhir (end-user) dapat memantau traffic seperti revenue dan user management dengan lebih terukur dengan adanya tampilan statistik menggunakan chart. Statistik yang diperoleh dari sistem ini dapat digunakan sebagai bahan untuk untuk pengambilan keputusan dan evaluasi di masa depan. Dengan demikian, perkembangan CRM ini berhasil meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan, serta memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan lebih lanjut di masa mendatang.

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAtmaja, Pratama WiryaNIDN0006018407pratama_wirya.fik@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Dzaru Rizky Fathan Fortuna
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:23
Last Modified: 10 Jun 2025 03:23
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/30529

Actions (login required)

View Item View Item