PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN YANG DIRUGIKAN AKIBAT KETIDAKSESUAIAN PEMBELIAN BARANG DISKON KILAT (FLASH SALE) DI E-COMMERCE

Adi, Ayunda Deftaning Rahma (2024) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN YANG DIRUGIKAN AKIBAT KETIDAKSESUAIAN PEMBELIAN BARANG DISKON KILAT (FLASH SALE) DI E-COMMERCE. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20071010083_COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab 1)
20071010083_BAB 1.pdf

Download (527kB)
[img] Text (Bab 2)
20071010083_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2027.

Download (569kB)
[img] Text (Bab 3)
20071010083_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2027.

Download (557kB)
[img] Text (Bab 4)
20071010083_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2027.

Download (254kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20071010083_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text (Lampiran)
20071010083_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan perdagangan pada saat ini berbasis teknologi internet yang dikenal dengan Jual Beli Online yang biasa disebut dengan E-Commerce. Semakin ketatnya persaingan membuat beberapa oknum pelaku usaha melakukan kecurangan yang membuat kerugian bagi konsumen. Salah satunya adalah kerugian konsumen akibat ketidaksesuaian pembelian barang diskon kilat (flash sale) di ECommerce. Penelitian ini akan membahas terkait masalah perlindungan hukum bagi konsumen yang dirugikan akibat ketidaksesuaian pembelian barang diskon kilat (flash sale) di E-Comerce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis normatif yang diambil dari Undang-Undang, buku dan bahan bacaan lain. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pelaku usaha di E-Commerce yang mesakukan kecurangan dalam mengirimkan produk flash sale yang tidak sesuai ke konsumen dimana hal ini tidak sesuai dengan ketentuan pasal 12 UUPK, dan juga menjelaskan tentang bagaimana upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen yang dirugikan ditinjau dari UU Perlindungan Konsumen, KUHPer, Undang Undang Perdagangan dan UU ITE. Dari analisis tersebut diperoleh Kesimpulan bahwa pelaku usaha dalam melakukan jual beli online harus menjamin kesesuaian barang yang diterima oleh konsumen pada saat barang dipromosikan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih literatur kepada para pihak dalam melakukan transaksi jual beli online agar dapat memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWahyudi, EkoNIDN0714087802ekow.ih@upnjatim.ac.id
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Ayunda Deftaning Rahma Adi
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:15
Last Modified: 23 Sep 2024 02:15
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/30233

Actions (login required)

View Item View Item