Susanto, Gevlyn Violensia (2024) PENGARUH ATRIBUT SENSORI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA BEBERAPA VARIAN LEDRE DI KABUPATEN BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.
Text (COVER)
20033010087-cover.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB 1)
20033010087-bab 1.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 3)
20033010087-bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 13 September 2026. Download (398kB) |
|
Text (BAB 2)
20033010087-bab 2.pdf Download (264kB) |
|
Text (BAB 4)
20033010087-bab 4.pdf Restricted to Repository staff only until 13 September 2026. Download (681kB) |
|
Text (BAB 5)
20033010087-bab 5.pdf Download (115kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
20033010087-daftar pustaka.pdf Download (241kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20033010087-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 13 September 2026. Download (602kB) |
Abstract
Ledre merupakan produk oleh-oleh khas Bojonegoro yang terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, dan pisang raja. Persaingan industri pangan semakin meningkat dan preferensi konsumen terhadap atribut sensori semakin beragam sehingga mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut sensori ledre terhadap keputusan pembelian dan tingkat kepuasan konsumen. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini yakni uji hedonik, Importance-Performance Analysis, Customer Satisfaction Index, uji asumsi klasik, dan Multi Dimensional Scaling terhadap 100 panelis. Berdasarkan survei, diperoleh 3 merek ledre varian original (Ny. Khusnul Machfoer, Super, Cap Dua Pisang), 2 merek ledre varian waluh (Super, Prima Rasa), dan 1 merek ledre varian kacang hijau (Super) yang ditetapkan menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nyata terkait atribut warna, rasa, dan tekstur, sedangkan atribut aroma tidak terdapat perbedaan yang nyata. Pengaruh atribut sensori pada keputusan pembelian hanya terlihat pada 3 varian ledre yakni atribut tekstur secara parsial mempengaruhi keputusan pembelian Ny. Khusnul Machfoer, Super (original), dan Cap Dua Pisang, sedangkan secara simultan tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Terdapat kualitas terbaik untuk atribut aroma, rasa, tekstur dimiliki oleh sampel Ny. Khusnul Machfoer dan kualitas terbaik untuk atribut warna dimiliki oleh sampel Prima Rasa. Sampel dengan sifat sensori terbaik dimiliki oleh Ny. Khusnul Machfoer. Tingkat kepuasan konsumen terhadap keseluruhan sampel ledre yaitu 73,16% dengan sampel Ny. Khusnul Machfoer sebagai sampel dengan tingkat kepuasan tertinggi yakni 76,45%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Q Science > Q Science (General) | ||||||||
Depositing User: | GEVLYN VIOLENSIA SUSANTO | ||||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:53 | ||||||||
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:53 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/28972 |
Actions (login required)
View Item |