LAPORAN AKHIR MAGANG MANDIRI MBKM INOVASI BISNIS PENGELOLAAN WANA WISATA DI PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JAWA TIMUR ( Studi kasus Hutan Cempaka Pasuruan Jawa Timur )

Aldila, Fitri Yulinar Aldila (2024) LAPORAN AKHIR MAGANG MANDIRI MBKM INOVASI BISNIS PENGELOLAAN WANA WISATA DI PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JAWA TIMUR ( Studi kasus Hutan Cempaka Pasuruan Jawa Timur ). FITRI YULINAR ALDILA.

[img] Text (Cover)
LAPORAN_AKHIR_MAGANG COVER.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 1)
LAPORAN_AKHIR_MAGANG BAB 1.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 2)
LAPORAN_AKHIR_MAGANG BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
LAPORAN_AKHIR_MAGANG BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
LAPORAN_AKHIR_MAGANG BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
LAPORAN_AKHIR_MAGANG BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN)
LAPORAN_AKHIR_MAGANG KESIMPULAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
LAPORAN_AKHIR_MAGANG DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (Lampiran)
LAPORAN_AKHIR_MAGANG LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fitri Yulinar Aldila. 2102401033. Inovasi Bisnis Pengelolaan Wana Wisata Di Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur (Studi kasus Hutan Cempaka Pasuruan Jawa Timur). (Pembimbing Taufik Setyadi). Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mencakup kegiatan Magang Mandiri, yang merupakan inisiatif pemerintah untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa di industri atau lembaga di luar kampus. Magang Mandiri ini berlangsung di Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur selama 4 bulan, dari 12 Februari hingga 21 Juni 2024. Lokasi magang dan kegiatan yang dilakukan terkait erat dengan jurusan Agribisnis. Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur adalah salah satu unit kerja dari Perum Perhutani yang mengelola hutan di Provinsi Jawa Timur. Dalam pengelolaannya, Perhutani melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, bekerjasama dengan 1.384 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Mereka berkontribusi melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, berbagi hasil produksi hutan, serta penyerapan tenaga kerja dari masyarakat desa hutan. Metode pembelajaran di Perum Perhutani dimulai dengan pengenalan profil perusahaan, mempelajari wisata yang bekerjasama dengan Perhutani, menginput data pendapatan lokasi wisata, dan berpartisipasi dalam kegiatan dinas luar yang diadakan oleh divisi ekowisata. Tujuan dari kegiatan Magang Mandiri ini adalah memberikan inovasi yang dapat dikembangkan oleh Perum Perhutani serta rekomendasi peningkatan mutu manajemen dan operasional untuk menjaga keberlanjutan wana wisata Hutan Cempaka. Hutan Cempaka adalah kawasan hutan yang ditanami pohon cempaka (Michelia spp.), dikenal karena kayunya yang berkualitas tinggi dan sering digunakan dalam industri kayu serta kerajinan. Kerjasama antara pengelola Hutan Cempaka dan Perhutani mencakup berbagai aspek penting, mulai dari manajemen sumber daya hutan, penanaman, dan pemeliharaan pohon, hingga pemanfaatan dan pemanenan kayu secara berkelanjutan. Perhutani menyediakan dukungan teknis dan sumber daya untuk memastikan pertumbuhan optimal pohon cempaka, sekaligus menjaga keberlanjutan sumber daya hutan serta ekosistem di sekitarnya.

Item Type: Other
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyadi, Taufik Setyadi20119660830250taufiksetyadi.agri@upnjatim.ac.id
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Unnamed user with email 21024010033@student.upnjatim.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:41
Last Modified: 30 Jul 2024 03:41
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27559

Actions (login required)

View Item View Item