Simaremare, Eklesia (2024) EVALUASI KEPUASAN DAN KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM CANVAS PADA MAHASISWA MSIB MENGGUNAKAN MODEL TAM DAN MODEL ISSM (STUDI KASUS: PT. REVOLUSI CITA EDUKASI). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.
Text (Cover)
20082010041_Cover.pdf Download (898kB) |
|
Text (Bab 1)
20082010041_Bab I.pdf Download (854kB) |
|
Text (Bab 2)
20082010041_Bab II.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2027. Download (1MB) |
|
Text (Bab 3)
20082010041_Bab III.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2027. Download (1MB) |
|
Text (Bab 4)
20082010041_Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2027. Download (1MB) |
|
Text (Bab 5)
20082010041_Bab V.pdf Download (710kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20082010041_Daftar Pustaka.pdf Download (786kB) |
|
Text (Lampiran)
20082010041_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2027. Download (1MB) |
Abstract
Learning Management System Canvas merupakan sistem yang dirancang untuk mendukung kegiatan belajar mengajar antara mahasiswa dan pengajar selama program MSIB di RevoU Tech Academy. Namun, dalam penggunaannya masih terdapat beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran mahasiswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, RevoU Tech Academy tidak cukup hanya meningkatkan aspek teknis dari sistem LMS Canvas, tetapi juga perlu memahami dampak dan manfaat penerapan sistem bagi mahasiswa sebagai pengguna. Penerapan teknologi informasi selalu berkaitan dengan kepuasan pengguna serta niat keberlanjutan penggunaan. Oleh karena itu, organisasi harus mengevaluasi kedua aspek ini untuk mengetahui sejauh mana teknologi dapat diterima dan digunakan. Skripsi ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan dan niat keberlanjutan penggunaan Learning Management System Canvas pada mahasiswa MSIB menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dan Information Systems Success Model (ISSM). Jumlah sample dihitung menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5%, sehingga diperoleh sejumlah 290 responden yang diambil dari mahasiswa MSIB Learn Data Analytic and Software Development With AI – Batch 6 di Revou Tech Academy. Data kemudian diproses melalui analisis SEM-PLS dengan menggunakan perangkat lunak SPSS dan SmartPLS. Model penelitian dalam skripsi ini mengacu dari penelitian Douglas Legramante (2023) yang mengkombinasi model Tam dari Davis (1989) dengan dua variabel dari model ISSM dari DeLone dan McLean (2003), yaitu Quality of Information dan User Satisfaction. Berdasarkan hasil uji hipotesis dari skripsi ini menunjukkan bahwa Quality of Information berpengaruh positif terhadap Perceived Ease of Use dan User Satisfaction, sedangkan Perceived Usefulness berpengaruh terhadap User Satisfaction dan Behavioural Intention to Use. Perceived Ease of Use tidak berpengaruh terhadap User Satisfaction dan Behavioural Intention to Use. Dari hasil evaluasi tersebut, RevoU Tech Academy dapat melakukan perbaikan, pengembangan, dan peningkatan terhadap sistem LMS Canvas. Kata Kunci: Learning Management System, Canvas, TAM, ISSM, SEM-PLS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Eklesia Simaremare | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:29 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27318 |
Actions (login required)
View Item |