POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN SEX EDUCATION DI YAYASAN PEDULI KASIH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Amalia Nurul Hikmah, Amalia Nurul Hikmah (2024) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN SEX EDUCATION DI YAYASAN PEDULI KASIH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Undergraduate thesis, Uiversitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20043010006_Cover.pdf

Download (881kB)
[img] Text (Bab 1)
20043010006_Bab I.pdf

Download (387kB)
[img] Text (Bab II)
20043010006_Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
20043010006_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
20043010006_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
20043010006_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
20043010006_Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text (Lampiran)
20043010006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi ialah aktivitas yang digunakan manusia untuk berintraksi. Komunikasi sangat penting terlebih dengan anak kebutuhan khusus yang memiliki ketergantungan lebih terhadap orang tua. Fokus penelitian ini pada bagaimana bentuk pola komunkasi yang digunakan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus dalam mengkomunikasikan sex education. Peneliti menggunakan metode kulitatif untuk menjelaskan hasil temuan dari proses observasi dan wawancara. Hasil menunjukan bahwa orang tua lebih dominan menggunakan pola demokratis ketika mengkomunikasikan sex education, orang tua bersikap terbuka, berkomunikasi secara dua arah, melakukan pendekatan empati, memberikan ruang untuk berdiskusi, serta memberikan dukungan dan bimbingan secara langsung. Selain pola demokratis, pada situasi tertentu orang tua juga mengunakan pola otoriter yang bersikap tegas dan memaksakan kehendaknya terhadap anaknya. Sehingga dalam penelitian ini ditemukan adanya ketidak seimbangan penggunaan pola demokratis dan otoriter dapat mempengaruhi hubungan antara orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. Sehingga pentingnya keseimbangan dalam pola komunikasi antara orang tua dan anak berkebutuhan khusus terkait pengkomunikasian sex education sesuai dengan kondisi anak. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Pendidikan Seks, Anak Berkebutuhan Khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDian Hutami Rahmawati, S.I.Kom., M.Med.Kom, Dian Hutami Rahmawati, S.I.Kom., M.Med.KomNIDN21219940920325dian.hutami.ilkom@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Amalia Nurul Hikmah
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:17
Last Modified: 12 Jul 2024 07:17
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25694

Actions (login required)

View Item View Item