PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MENTALMATE UNTUK KONSULTASI KESEHATAN MENTAL MAHASISWA DI SURABAYA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Nigata, Queen Anjar Dea (2024) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MENTALMATE UNTUK KONSULTASI KESEHATAN MENTAL MAHASISWA DI SURABAYA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20082010133_Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
20082010133_Bab 1.pdf

Download (243kB)
[img] Text (Bab 2)
20082010133_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (575kB)
[img] Text (Bab 3)
20082010133_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (284kB)
[img] Text (Bab 4)
20082010133_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (11MB)
[img] Text (Bab 5)
20082010133_Bab 5.pdf

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20082010133_Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB)
[img] Text (Lampiran)
20082010133_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi digital memberikan dampak yang signifikan pada berbagai bidang, termasuk bidang kesehatan dengan adanya aplikasi yang mendukung layanan kesehatan fisik dan mental. Masalah kesehatan mental merupakan isu serius yang dialami semua rentang usia, salah satunya mahasiswa yang berada di usia rentan terkena masalah kesehatan mental. Menurut data dari Dinas Kesehatan Jawa Timur, wilayah Surabaya termasuk ke dalam enam daerah terendah dari capaian persentase pelayanan kesehatan jiwa. Hasil dari penelitian ini yaitu rancangan desain aplikasi konsultasi kesehatan mental yang dapat memudahkan mahasiswa di Surabaya dalam mendapatkan edukasi dan konsultasi terkait masalah kesehatan mental. Pada perancangan aplikasi konsultasi kesehatan mental ini, menggunakan metode User Centered Design (UCD) untuk menghasilkan rancangan desain antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perancangan desain dilakukan dalam dua iterasi, masing-masing melibatkan berbagai tahap desain, pengujian, dan perbaikan berdasarkan umpan balik pengguna. Tiga metode pengujian digunakan untuk mengevaluasi rancangan desain, yaitu System Usability Scale (SUS), Questionnaire for User Interaction Satisfaction (QUIS), dan heuristic evaluation. Pada iterasi pertama, hasil pengujian SUS menunjukkan skor 73.5 dari psikolog dan 73 dari mahasiswa. Kemudian, pada iterasi kedua terdapat peningkatan hasil skor yaitu 88 untuk psikolog dan 89.5 untuk mahasiswa. Sedangkan, hasil pengujian QUIS pada iterasi pertama, skor yang dihasilkan yaitu 7.59 dari psikolog dan 7.61 dari mahasiswa. Pada iterasi kedua, skor QUIS yang dihasilkan sebesar 7.9 untuk psikolog dan 7.98 untuk mahasiswa. Dari penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rancangan user interface yang mudah dipahami oleh pengguna serta dapat memberikan rekomendasi desain kepada pihak Dinas Pendidikan Kota Surabaya terkait aplikasi kesehatan mental untuk mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWati, Seftin Fitri AnaNIDN0020039104seftin.fitri.si@upnjatim.ac.id
Thesis advisorKartika, Dhian Satria YudhaNIDN0722058601dhian.satria@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Queen Anjar Dea Nigata
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:39
Last Modified: 28 Jun 2024 08:39
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25121

Actions (login required)

View Item View Item