ANALISIS PROFIL ATRIBUT SENSORI BANDENG ASAP PRODUKSI UMKM KABUPATEN SIDOARJO DENGAN METODE RATA (RATE-ALL-THAT-APPLY)

Syari, Ririef Mutiara (2024) ANALISIS PROFIL ATRIBUT SENSORI BANDENG ASAP PRODUKSI UMKM KABUPATEN SIDOARJO DENGAN METODE RATA (RATE-ALL-THAT-APPLY). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2027.

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2027.

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2027.

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Dapus)
Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bandeng asap merupakan makanan olahan ikan bandeng khas dari Kabupaten Sidoarjo. Beberapa UMKM di Kabupaten Sidoarjo yang menjual dan produksi bandeng asap memiliki kriteria yang berbeda tergantung proses produksinya. Atribut sensori merupakan salah satu atribut preferensi konsumen yang sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari atribut sensori bandeng asap dan menentukan atribut sensori dominan yang mempengaruhi preferensi konsumen. Metode yang digunakan Rate-All-That-Apply (RATA) untuk menentukan atribut dari produk pangan yang diuji dengan pemberian skoring produk tersebut. Terdapat lima sampel bandeng asap yang diuji dengan 70 orang responden yang berdomisili di Surabaya dan Sidoarjo. Terdapat 13 atribut sensori yang berbeda nyata diantaranya ada aroma (smoky dan manis), rasa (Gurih, asam, manis, asin, spices), warna (coklat, kuning, merah keemasan), dan tekstur (kering, berserat, basah). Parameter pembeda dari lima sampel yaitu berupa ciri khasnya. Hasil Principal Component Analysis (PCA) diketahui sampel 134 dan 534 memiliki dominan rasa manis, rasa asin, rasa spices, aroma manis, aroma smoky, dan warna coklat. Sampel 315 dominan bertekstur berserat dan rasa asam. Pada sampel 231 memiliki dominan tekstur basah dan warna kuning. Sampel 405 memiliki dominan tekstur kering, rasa gurih, dan warna merah keemasan. Hasil Preference Mapping menunjukan sampel yang paling disukai adalah sampel 134. Kata kunci: Rate-All-That-Apply, Bandeng asap, Atribut sensori, Preferensi konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSarofa, UlyaNIDN0716056301UNSPECIFIED
Thesis advisorPratiwi, Yunita SatyaNIDN0702067102Yunita.satya.tp@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP368 Food processing and manufacture
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Food Engineering
Depositing User: RIRIEF MUTIARA SYARI
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:39
Last Modified: 19 Jul 2024 02:39
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/17605

Actions (login required)

View Item View Item