PENGARUH VOUCHER DISCOUNT DAN VOUCHER GRATIS ONGKIR PADA FITUR SHOPEE LIVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA UPN VETERAN JATIM SURABAYA

Rakha Syandana Waluya, Yudhistira (2025) PENGARUH VOUCHER DISCOUNT DAN VOUCHER GRATIS ONGKIR PADA FITUR SHOPEE LIVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA UPN VETERAN JATIM SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
21012010347.-cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
21012010347.-bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 2)
21012010347.-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (6MB)
[img] Text (Bab 3)
21012010347.-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (6MB)
[img] Text (Bab 4)
21012010347.-bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (4MB)
[img] Text (Bab 5)
21012010347.-bab5.pdf

Download (416kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21012010347.-daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
21012010347.-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh voucher discount dan voucher gratis ongkir dalam fitur Shopee Live terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce Shopee, khususnya pada kalangan mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur di Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya aktivitas belanja online di kalangan generasi muda serta intensifikasi strategi promosi Shopee melalui fitur interaktif live streaming. Dalam konteks tersebut, voucher menjadi instrumen pemasaran yang signifikan untuk menarik perhatian konsumen dan memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 99 responden mahasiswa yang pernah menggunakan Shopee Live dan memanfaatkan voucher promosi. Data dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS). Variabel independen dalam penelitian ini adalah voucher discount dan voucher gratis ongkir, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik voucher discount maupun voucher gratis ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa insentif promosi melalui Shopee Live mampu meningkatkan intensi dan realisasi pembelian pada konsumen digital yang memiliki daya beli terbatas namun responsif terhadap nilai tambah. Implikasi dari penelitian ini menyarankan bahwa e-commerce perlu memperkuat strategi promosi berbasis pengalaman dan nilai ekonomis untuk mengoptimalkan keputusan pembelian konsumen muda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZawawi, ZawawiNIDNzawawi.ma@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Economic and Business > Departement of Management
Depositing User: Yudhistira Rakha Syandana Waluya
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:32
Last Modified: 10 Sep 2025 02:32
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/42364

Actions (login required)

View Item View Item