Purwanti, Arinta (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KINERJA UPT PENGAWASAN DAN SERTIFIKASI BENIH PERKEBUNAN. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
![]() |
Text (COVER)
00 Cover.pdf Download (640kB) |
![]() |
Text (BAB I)
01 Bab I.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text (BAB II)
02 Bab II.pdf Restricted to Repository staff only until 30 July 2027. Download (427kB) |
![]() |
Text (BAB III)
03 Bab III.pdf Restricted to Repository staff only until 30 July 2027. Download (466kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
04 Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only until 30 July 2027. Download (463kB) |
![]() |
Text (BAB V)
05 Bab V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06 Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
07 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 30 July 2027. Download (580kB) |
Abstract
UPT PSBP merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam sertifikasi, pelabelan, dan pengawasan mutu benih tanaman perkebunan. Peran strategisnya tidak hanya menjamin mutu benih, tetapi juga membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap produk benih nasional. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi pelayanan UPT PSBP terkait sertifikasi, pelabelan, dan pengawasan mutu benih perkebunan; (2) menganalisis variabel penentu yang memengaruhi kepuasan konsumen terhadap kinerja UPT PSBP; dan (3) mengevaluasi kinerja UPT PSBP dalam pelaksanaan layanan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan analisis deskriptif dan pengolahan data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh proses sertifikasi dan pelabelan dilaksanakan sesuai standar operasional yang berlaku, dengan pengawasan mutu dilakukan secara ketat untuk menjamin kualitas benih. Biaya sertifikasi merupakan variabel paling dominan yang memengaruhi kepuasan konsumen, diikuti oleh ketepatan waktu dan peluang pemasaran. Sebaliknya, layanan petugas tidak berpengaruh signifikan, diduga karena adanya pergeseran ke sistem layanan digital. Kinerja UPT PSBP secara umum dinilai baik, terutama pada aspek keramahan petugas, meskipun masih diperlukan peningkatan dalam hal kecepatan layanan dan keterampilan teknis. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi peningkatan mutu layanan publik di sektor perbenihan perkebunan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Magister Agribusiness | ||||||||||||
Depositing User: | Arinta Purwanti Purwanti | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:03 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/41395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |