Krisnawati, Anggi (2025) Pengaruh Financial Technology Payment, Literasi Keuangan, dan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-commerce (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (Cover)
21013010128.-cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab 1)
21013010128.-bab1.pdf Download (829kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
21013010128.-bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 21 July 2027. Download (858kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
21013010128.-bab3.pdf Restricted to Repository staff only until 21 July 2027. Download (948kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
21013010128.-bab4.pdf Restricted to Repository staff only until 21 July 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab 5)
21013010128.-bab5.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text (Daftar pustaka)
21013010128.-daftar pustaka.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
21013010128.-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 21 July 2027. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial technology payment, literasi keuangan, dan self-control terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna e-commerce di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Penggunaan layanan keuangan digital dan platform e-commerce yang tinggi di kalangan mahasiswa memunculkan kekhawatiran terkait meningkatnya perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner daring kepada 100 responden dengan bantuan Google Form, dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial technology payment berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB UPN “Veteran” Jawa Timur pengguna e-commerce karena didorong oleh kemudahan dan kenyamanan transaksi digital yang meningkatkan intensi belanja impulsif. Sebaliknya, literasi keuangan dan self control tidak berpengaruh karena pemahaman dan pengendalian diri mahasiswa belum cukup untuk menahan pengaruh lain yang lebih dominan seperti, lingkungan sosial, tren digital, dan promosi e-commerce. Temuan ini mengindikasikan bahwa kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan teknologi keuangan digital memiliki peran utama dalam mendorong perilaku konsumtif, terlepas dari tingkat pemahaman keuangan atau kemampuan pengendalian diri yang dimiliki mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting | ||||||||
Divisions: | Faculty of Economic > Departement of Accounting | ||||||||
Depositing User: | Anggi Krisnawati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 06:42 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 06:42 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/40269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |