Khansa, Khansa (2025) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKA TKAN DAY A TARIK KONSUMEN DEPOT MAK AY. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
![]() |
Text (Cover)
Cover fix_organized.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1_21052010018.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2_2105201008.pdf Restricted to Repository staff only until 16 June 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3_21052010018.pdf Restricted to Repository staff only until 16 June 2028. Download (411kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 _21052010018.pdf Restricted to Repository staff only until 16 June 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka .pdf Download (125kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 16 June 2028. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Media promosi memegang peran penting dalam industri kuliner sebagai sarana untuk menarik konsumen, membangun identitas brand, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Depot Mak Ay, yang mengusung konsep tradisional dan kekeluargaan, penggunaan media promosi konvensional seperti katalog masih mendominasi, meskipun pemilik menyadari pentingnya inovasi visual untuk menciptakan pengalaman yang lebih imersif. Oleh karena itu, perancangan media promosi yang lebih kreatif seperti poster 3D berbasis clay dan dummy food menjadi alternatif efektif yang mampu menyampaikan informasi menu secara lebih menarik dan interaktif. Media ini tidak hanya memperkuat citra brand yang hangat dan autentik, tetapi juga meningkatkan daya tarik visual yang mampu membedakan dari kompetitor serta membantu konsumen dalam membayangkan menu yang ditawarkan. Perancangan media promosi Depot Mak Ay menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dengan pemilik dan observasi langsung, didukung data sekunder dari literatur, jurnal, dan media sosial. Objek perancangannya berupa media visual seperti dummy food, poster, katalog, dan merchandise berbasis clay yang dirancang untuk memperkuat identitas visual, meningkatkan daya tarik, serta memberikan pengalaman imersif bagi konsumen. Perancangan media promosi Depot Mak Ay berawal dari observasi selama enam bulan, termasuk kunjungan ke Jo Dough Malang yang memicu kesadaran pentingnya strategi promosi. Penulis lalu menganalisis kelemahan media promosi yang ada dan menggali data dari wawancara, observasi, dan studi literatur untuk merancang media seperti dummy food, katalog ilustrasi, merchandise, dan media pendukung lainnya. Analisis consumer insight menunjukkan pentingnya media visual yang autentik dan menarik untuk menciptakan pengalaman berkesan bagi konsumen, sementara strategi consumer journey dan brand activation memanfaatkan titik interaksi konsumen melalui insentif digital dan cetak, guna meningkatkan keterlibatan, memperkuat identitas depot, dan memperluas jangkauan promosi. Perancangan media promosi ini menunjukkan bahwa elemen visual yang tepat dapat memperkuat citra dan daya tarik Depot Mak Ay di tengah persaingan kuliner . Dengan pendekatan kreatif dan strategi yang terarah, media promosi diharapkan mampu meningkatkan pengalaman konsumen dan memperluas jangkauan pasar secara efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts N Fine Arts > N Visual arts > N400-3990 Art museums, galleries, etc. N Fine Arts > N Visual arts > N81-390 Study and teaching. Research N Fine Arts > N Visual arts > N8600-8675 Economics of art |
||||||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design | ||||||||||||
Depositing User: | Khansa Khansa Khansa | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2025 08:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2025 08:44 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/37846 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |