Arzismi, Marseli (2025) EDU-FUN CENTER DI KOTA SURABAYA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR UNIVERSAL. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
![]() |
Text (COVER)
COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II TINJAUAN OBJEK PERANCANGAN)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB III TINJAUAN LOKASI PERANCANGAN)
BAB III TINJAUAN LOKASI.pdf Restricted to Registered users only until July 2027. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB IV ANALISA PERANCANGAN)
BAB IV ANALISA PERANCANGAN.pdf Restricted to Registered users only until July 2027. Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB V KONSEP PERANCAGAN)
BAB V KONSEP PERANCANGAN.pdf Restricted to Registered users only until July 2027. Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB VI APLIKASI PERANCANGAN)
BAB VI APLIKASI PERANCANGAN.pdf Restricted to Registered users only until July 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN BERITA ACARA-GAMBAR RANCANG.pdf Restricted to Registered users only until July 2027. Download (51MB) |
![]() |
Text (POSTER)
POSTER.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kota Surabaya dinobatkan sebagai salah satu kota dengan tingginya populasi penduduk yang tersebar di berbagai titik daerah. Hal ini menjadikan Kota Surabaya memiliki beragam karakteristik pada tiap populasi individunya, mulai dari tingkat usia, latar belakang kemampuan, hingga pengaruh lingkungan sekitar. Berbagai faktor ini menghasilkan isu yang berkaitan dengan kebutuhan ruang publik di Kota Surabaya yang inklusif dan mampu mengakomodasi seluruh kalangan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas. Perancangan Edu-Fun Center di Kota Surabaya hadir sebagai inovasi perancangan ruang terbuka publik di Kota Surabaya sekaligus sebagai sektor rekreasi pariwisata yang tidak hanya menyediakan fasilitas ruang publik kota sekaligus membawa nuansa edukasi hiburan dengan mengedepankan aspek inklusivitas melalui pendekatan arsitektur universal. Edu-Fun Center di Kota Surabaya menerapkan metode metafora teraba (tangible metaphor) sebagai metode rancang dengan pengimplementasiannya berdasar pada unsur edukasi dan hiburan salah satunya bentuk potongan puzzle yang dituangkan pada penataan massa maupun pada desain fasad bangunan. Selain penerapan arsitektur universal sebagai fleksibilitas ruang, arsitektur post-modern hadir sebagai style/langgam sokongan dalam memvisualisasikan tampilan bangunan yang sejalan dengan tema rancangan yaitu Fun Exploration Toward’s Surabaya Care for All yang bermakna keseruan eksplorasi sehingga penerapan dari luar hingga kedalam bangunan menggunakan unsur eksplorasi warna, ornamen, dekorasi, dsb. Edu-Fun Center tidak hanya berfungsi sebagai sarana belajar dan bermain, tetapi juga menjadi wadah interaksi sosial yang mendukung nilai-nilai keberagaman antar individu. Dengan demikian, perancangan ini bertujuan untuk menciptakan kacamata baru terhadap ruang publik Kota Surabaya dan mampu memberikan pengalaman positif bagi masyarakat Kota Surabaya, sekaligus memperkuat identitas kota sebagai pusat kegiatan edukatif dan rekreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture > NA2695-2793 Architectural drawing and design | ||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Architecture | ||||||||
Depositing User: | MARSELI ARZISMI | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:55 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:55 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/37144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |