Nabila, Aisya Safira (2022) Strategi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Sentra Wisata Kuliner Wiyung Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
|
Text
18041010016_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
18041010016_BAB I.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text
18041010016_BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 19 July 2024. Download (241kB) |
||
Text
18041010016_BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 19 July 2024. Download (154kB) |
||
Text
18041010016_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 19 July 2024. Download (504kB) |
||
|
Text
18041010016_BAB V.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
18041010016_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
18041010016_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 19 July 2024. Download (1MB) |
Abstract
Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL) menjadi suatu keharusan bagi pemerintah, terlebih di masa pandemi covid-19 yang membuat pendapatan sektor informal seperti menurun. Kota Surabaya melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melakukan penataan PKL pada Sentra Wilayah Kuliner (SWK). Fokus penelitian menggunakan model analisis SOAR (strength, opportunities, aspirations, results). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi pemberdayaan PKL di SWK Wiyung yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan PKL di SWK Wiyung melalui analisis model SOAR antara lain: 1) aspek strengths memiliki bentuk bangunan yang unik, fasilitas sarana dan prasarana memadai, keunggulan penerapan kasir tunggal. 2) aspek opportunities dilakukan dengan bimbingan keterampilan memasak dan manajemen produk melalui kerjasama antara pemerintah dan swasta. 3) aspek aspirations yang disampaikan oleh para pedagang kepada Dinas Koperasi dan UMKM yakni peningkatan promosi usaha pada SWK Wiyung, menciptakan inovasi baru dalam menarik minat pengunjung. 4) aspek results telah dirasakan oleh para pedagang dibuktikan dengan peningkatan omzet melalui pembinaan, pendampingan, dan monitoring serta evaluasi secara berkala. Kata Kunci: Pemberdayaan, Pedagang Kaki Lima, SOAR
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
Depositing User: | Aisya Safira Nabila | ||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2024 05:18 | ||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2024 05:18 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7620 |
Actions (login required)
View Item |