PEMANFAATAN INSTAGRAM @DAPURBALIKPAPAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI KULINER BAGI MASYARAKAT BALIKPAPAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19

NUR, ALYA (2019) PEMANFAATAN INSTAGRAM @DAPURBALIKPAPAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI KULINER BAGI MASYARAKAT BALIKPAPAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until June 2024.

Download (490kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until June 2024.

Download (219kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
lam.pdf
Restricted to Registered users only until June 2024.

Download (501kB)

Abstract

Saat berlangsungnya pandemi covid-19 berbagai aturan dan regulasi mengenai pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) turut serta mengatur pada sektor kuliner yang mana di dalamnya terdapat pembatasan waktu operasional, jumlah kapasitas pengunjung, pemberlakuan dine in dan take away. Pemberlakukan aturan tersebut memberikan dampak penurunan pendapatan bagi para pelaku usaha kuliner. Oleh karena itu, para pelaku usaha kuliner mengatur strategi .Salah satunya adalah dengan cara melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial. Akun @dapurbalikpapan merupakan salah satu media promosi kuliner yang terdapat di Balikpapan, akun ini secara konsisten mempromosikan kuliner dan mendapatkan berbagai respon dan reaksi dari pengikutnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Instagram @dapurbalikpapan sebagai media promosi kuliner bagi masyarakat di tengah pandemi covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori 7C Frame Work. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram akun @dapurbalikpapan yang merupakan media promosi kuliner berfungsi sebagai sumber referensi kuliner bagi para pengikutnya serta menjadi penghibur dalam menghabiskan waktu. Adapun promosi yang menarik dan menjadi kelebihan serta efektif bagi para pengikut akun @dapurbalikpapan adalah menjangkau berbagai jenis kuliner mulai dari pedagang kaki lima, hingga tempat-tempat instagramable dengan menyertakkan foto gambar yang menarik, penulisan promosi secara mempersuasi dan penyertaan informasi pendukung promosi. Fitur yang dianggap paling efektif dalam promosi akun @dapurbalikpapan adalah instastory dan tagar. Karena melalui keduanya dapat menarik perhatian dan berfungsi memudahkan berbagai jenis promosi yang ada. Kata kunci: Pandemi, Promosi, Instagram, 7C framework.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDTUTIASRI, RIRIN PUSPITANIDN0011048901UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:42
Last Modified: 22 Jun 2022 03:42
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7194

Actions (login required)

View Item View Item