ABDILLAH, M. ABID (2019) PEMAKNAAN RELIGIUSITAS CALON DPD RI DAPIL JAWA TIMUR 2019 DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI ANALISIS SEMIOTIK RELIGIUSITAS LA NYALA MAHMUD MATTALITTI SEBAGAI CALON DPD RI DAPIL JAWA TIMUR 2019 DI MEDIA INSTAGRAM). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.
|
Text (cover)
Cover.pdf Download (927kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
1.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
2.pdf Restricted to Registered users only until June 2024. Download (301kB) |
||
Text (BAB 3)
3.pdf Restricted to Registered users only until June 2024. Download (178kB) |
||
Text (BAB 4)
4.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 5)
5.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAm.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (545kB) |
Abstract
M. ABID ABDILLAH, PEMAKNAAN RELIGIUSITAS CALON DPD RI DAPIL JAWA TIMUR 2019 DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI ANALISIS SEMIOTIK RELIGIUSITAS LA NYALA MAHMUD MATTALITTI SEBAGAI CALON DPD RI DAPIL JAWA TIMUR 2019 DI MEDIA INSTAGRAM) Penelitian ini didasarkan pada fenomena masyarakat yang semakin banyak menggunakan media sosial instagram untuk berbagai kepentingan, salah satunya sebagai media pembentukan political branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasi dan menganalisis semiotik religiusitas La Nyalla Mahmud Mattalitti sebagai calon DPD RI Dapil Jawa Timur 2019 yang ditampilkan pada media sosial Instagram @lanyallamm1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi semiotik yang termasuk kedalam penelitian kualitatif. Adapun teori-teori yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain Komunikasi Politik, Personal Branding, Religiusitas, Political Branding, New Media (Media Baru), Media Sosial, Semiotika. Sumber data dalam penelitian ini dapatkan melalui teknik dokumentasi dengan mengumpulkan 10 korpus yang di ambil dalam periode bulan Oktober 2018 hingga November 2018. Untuk kemudian di analisis menggunakan teori dan metode semiotik Charles s. pierce dan juga teori Political Branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi religiusitas yang ditampilkan La Nyalla Mahmud Mattalitti dalam postingan yang diunggahnya ke akun Instagram @lanyallamm1, dimaknai sebagai political branding yang mengarah pada Religiusitas, dilihat dari sisi performance La Nyalla yang selalu mengenakan Songkok Hitamnya lekat akan religiuisitas dan busana koko/taqwa putih, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan La Nyalla yang dipostingnya di Instagram seperti pola kampanye di Jatim dengan mendatangi pondok-pondok pesantren, juga slogan-slogan yang khas dari La Nyalla dan beberapa caption yang ditulisnya di postingan Instagram @lanyallamm1. La Nyalla juga berhasil membutikan bahwa dengan instagram dia bisa lebih dikenal oleh khalayak luas dari banyaknya followers yakni sekitar 2 Juta . Dengan menonjolkan prinsip Political Branding. Kata Kunci : Religiusitas, Media Sosial, Akun Instagram @lanyallamm1, Political Branding, Semiotik Charles S. Pierce.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | Amalia Hani | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:08 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:21 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7115 |
Actions (login required)
View Item |