ANALISIS RESEPSI REMAJA PEREMPUAN TERHADAP GAYA HIDUP BERBELANJA FASHION MELALUI TAYANGAN VIDEO DALAM AKUN TIKTOK @HANDMADESHOESBY

PURNAMASARI, NURJIHAN PRICILLIA (2021) ANALISIS RESEPSI REMAJA PEREMPUAN TERHADAP GAYA HIDUP BERBELANJA FASHION MELALUI TAYANGAN VIDEO DALAM AKUN TIKTOK @HANDMADESHOESBY. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (569kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 5 January 2024.

Download (665kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 5 January 2024.

Download (417kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 5 January 2024.

Download (935kB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (419kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
lam.PDF
Restricted to Registered users only until 5 January 2024.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui resepsi remaja perempuan terhadap gaya hidup berbelanja yang ditampilkan melalui tayangan video ‘Belanja Gak Aturan’ pada akun tiktok @Handmadeshoesby. Pada tayangan video ini terdapat seorang perempuan yang melakukan proses berbelanja produk fashion tanpa adanya perencanaan serta ia mengambil produk-produk tersebut dalam jumlah yang banyak tanpa adanya proses pertimbangan ataupun mencoba produk tersebut. Hal ini menarik minat peneliti untuk mengetahui bagaimana remaja perempuan memaknai pesan yang ada dalam video tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi analisis resepsi. Jumlah informan penelitian sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan teori encoding-decoding Stuart Hall yang mana pembuat pesan menciptakan pesan dengan makna tertentu yang diharapkan dapat diterima oleh khalayak namun khalayak juga dapat memaknai pesan sesuai dengan pengalaman mereka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan resepsi antara informan satu dengan informan yang lain. Resepsi remaja perempuan terhadap video ‘Belanja Gak Aturan’ yang ditampilkan pada akun tiktok @Handmadeshoesby memiliki pemaknaan yang berbeda-beda. Aspek-aspek yang disajikan dalam video tersebut tidak sepenuhnya disetujui oleh para informan. Interpretasi tersebut berasal dari pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Gaya hidup, tiktok, analisis resepsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDTUTIASRI, RIRIN PUSPITANIDN0011048901UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:34
Last Modified: 05 Jan 2022 06:34
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3922

Actions (login required)

View Item View Item