PERANCANGAN BUKU KOMIK MANFAAT #DIRUMAHAJA DENGAN BERKEGIATAN PRODUKTIF SAAT PANDEMI UNTUK REMAJA USIA 16-21 TAHUN

HIDAYATULLAH, ALFIYAN (2021) PERANCANGAN BUKU KOMIK MANFAAT #DIRUMAHAJA DENGAN BERKEGIATAN PRODUKTIF SAAT PANDEMI UNTUK REMAJA USIA 16-21 TAHUN. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (123kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 13 September 2024.

Download (1MB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 13 September 2024.

Download (185kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 13 September 2024.

Download (556kB)
[img] Other (BAB 5)
5.PDF
Restricted to Registered users only until 13 September 2024.

Download (1MB)
[img] Other (BAB 6)
6.PDF
Restricted to Registered users only until 13 September 2024.

Download (774kB)
[img]
Preview
Other (BAB 7)
7.PDF

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAGTAR PUSTAKA)
Dpus.PDF

Download (98kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only until 13 September 2024.

Download (822kB)

Abstract

Kebijakan tetap di rumah selama pandemi sudah diberlakukan sejak akhir tahun 2019, guna mencegah perkembangan penyebaran virus Covid-19. Akan tetapi, berita detiknews.com pada tanggal 18 September 2020 mengenai sekumpulan remaja yang tetap berkegiatan di luar rumah selama pandemi, menandakan masih banyaknya remaja yang kurang mematuhi kebijakan tersebut. Hal ini disebabkan karena remaja merasa bosan, dan kurang adanya variasi kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan selama di rumah saat pandemi. Inilah salah satu penyebab penyumbang angka terbesar penyebaran Covid-19 dalam skala nasional ataupun regional Jawa Timur adalah usia remaja. Berdasarkan permasalahan inilah, dibutuhkan suatu media yang dapat memberi wawasan dan inspirasi kepada remaja, mengenai kegiatan bermanfaat dan mengasikkan yang dapat dilakukan selama di rumah saat pandemi. Perancangan ini terfokus membuat suatu media yang edukatif dan inspiratif bagi remaja untuk berkegiatan produktif selama di rumah saat pandemi. Menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif berupa kuesioner, dan kualitatif melalui observasi, wawancara, serta focus group discussion. Kemudian, menggunakan analisa 5W+1H untuk menjabarkan detail permasalahan yang sedang terjadi. Terdapat temuan dalam pengumpulan dan analisa data, yakni remaja cenderung menyukai suatu media informatif berupa visual yang menarik daripada tekstual. Juga, penggunaan bahasa santai dan tidak berkesan menggurui adalah jalur komunikasi paling mudah diterima oleh remaja. Serta, remaja menyukai trend yang sedang berlaku. Sehingga, keyword “Trend Baru yang Menyenangkan” menjadi acuan dalam perancangan media edukasi yang inspiratif bagi remaja. Komik dipilih sebagai media edukasi bagi remaja, karena komik memiliki keunikan dalam visual dan penyampaian pesan bagi usia remaja. Bahasa yang mudah dipahami, dan visual yang disesuaikan dengan ketertarikan remaja dapat menjadi media yang tepat untuk memberi wawasan dan inspirasi bagi remaja untuk berkegiatan produktif selama di rumah saat pandemi. Kata Kunci: Komik, pandemi, covid-19, produktif, remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYANI, ADITYA RAHMANNIDN0729098101UNSPECIFIED
Thesis advisorMASNUNA, MASNUNANIDN012058403UNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 13 Sep 2021 12:01
Last Modified: 13 Sep 2021 12:01
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2624

Actions (login required)

View Item View Item