HAKIM, LUKMAN (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT RIMBA KARYA GROUP DALAM PENINGKATAN PENJUALAN. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
1643010119 COVER NEW.PDF Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
1643010119 bab 1.pdf Download (679kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
1643010119 bab 2.pdf Restricted to Registered users only until 17 July 2026. Download (593kB) |
||
Text (BAB 3)
1643010119 bab 3.pdf Restricted to Registered users only until 17 July 2026. Download (589kB) |
||
Text (BAB 4)
1643010119 bab 4.pdf Restricted to Registered users only until 17 July 2026. Download (1MB) |
||
Text (BAB 5)
1643010119 bab 5.pdf Restricted to Registered users only until 17 July 2026. Download (388kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1643010119 daftar pustaka.pdf Download (502kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
1643010119 lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 17 July 2026. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT Rimba Karya Group dalam memasarkan produk kayu dan triplek. Penelitian ini menggunakan teori pemasaran 7P sebagai kerangka analisis untuk mengidentifikasi dan menganalisis elemen-elemen pemasaran yang terkait dengan produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu menujukkan aspek produk, perusahaan telah memperhatikan diversifikasi produk dengan banyak pilihan produk, kemudian perusahaan juga mengetahui segmen pasar baik dari mitra berbadan usaha PT, CV, UD maupun pembelian pribadi, perusahaan juga mementingkan testimoni dan ulasan marketplace facebook, dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Kemudian pada aspek harga, menetapkan harga yang kompetitif sehingga terjangkau kepada pembeli, memberikan diskon dan promosi dengan pembelian jumlah besar dan memberikan gratis ongkir dengan minimal pembelian, perusahaan melakukan penargetan harga berdasarkan segmen pasar. Kemudian pada aspek tempat, sisi perluasan jaringan distribusi telah dilakukan, penentuan wilayah target dimana lokasi gudang di pusat kota sidoarjo sehingga memiliki akses yang strategis, kemudian perusahaan juga telah melakukan intergrasi pemasaran melalui saluran online dan offline, perusahaan telah memiliki tim pemasaran melalui e-comerce khususnya marketplace facebook yang responsive. Pada aspek promosi, perusahaan telah melakukan pembuatan konten, media sosial melalui marketplace facebook, instagram dan web dan iklan. Pada aspek orang sangat penting dalam pemasaran digital. Memiliki tim pemasaran yang terampil dan handal menjadi penentu keberhasilan perusahaan. Dalam hal ini perusahaan telah melakukan pelatihan dan pengembangan, serta komunikasi efektif dan layanan pelangganyang professional kepada pelanggan. Kemudian pada aspek proses, proses pemasaran perusahaan, termasuk proses pemesanan dimana pembeli dapat melakukan pemesanan baik melalui marketplace facebook maupun datang langsung ke gudang, kemudian proses pengiriman dilakukan oleh supir pribadi, proses layanan pelanggan telah dilakukan oleh tim pemasaran yang handal dan proses penilaian kualitas oleh pelanggan melalui marketplace facebook. Terakhir, dalam aspek bukti fisik, perusahaan memiliki katalog produk secara online dan offline, menyediakan sempel produk dan ulasan melalui marketplace facebook. Kata kunci: Strategi komunikasi, pemasaran digital, konsep pemasaran 7P
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | lukman hakim | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2023 09:22 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2023 09:22 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/15331 |
Actions (login required)
View Item |