Preferensi Konsumen Beras Organik di Marketplace Tokopedia

Ike Yulyanti, Dewi (2022) Preferensi Konsumen Beras Organik di Marketplace Tokopedia. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text
1624010101.-cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1624010101.-bab1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
1624010101.-bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2024.

Download (158kB)
[img] Text
1624010101.-bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2024.

Download (359kB)
[img] Text
1624010101.-bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2024.

Download (308kB)
[img]
Preview
Text
1624010101.-bab5.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1624010101.-daftar pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
1624010101.-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2024.

Download (541kB)

Abstract

Preferensi merupakan kesukaan konsumen terhadap berbagai pilihan atribut produk yang ada. Preferensi konsumen perlu diketahui agar produsen dapat membidik konsumennya secara lebih terarah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen beras organik, menganalisis alasan pertimbangan konsumen membeli beras organik, menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut-atribut beras organik, dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap Tokopedia sebagai marketplace penyedia beras organik. Penelitian dilakukan di marketplace Tokopedia. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probabilty sampling yaitu purposive sampling dan didapatkan responden sebanyak 65 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, Importance and Performance Analysis (IPA), dan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Karakteristik konsumen beras organik mayoritas berusia 27 – 31 tahun, berpendidikan terakhir Sarjana, bekerja sebagai pegawai swasta, dan memiliki pendapatan diatas Rp. 6.000.000, 2). Alasan pertimbangan konsumen membeli beras organik adalah dari segi kesehatan, 3). Preferensi konsumen beras organik di marketplace Tokopedia adalah warna beras organik yang tidak terlalu putih, menghasilkan tekstur nasi yang pulen, beras organik yang bersih dari benda lain selain beras, butir beras organik yang seragam, butir beras organik tampak utuh, daya tahan beras organik dan label organik pada kemasan, 4). Kepuasan konsumen terhadap Tokopedia sebagai marketplace penyedia beras organik sebesar 93,54% yang dikategorikan sangat tinggi, konsumen sudah merasa sangat puas dengan kinerja atribut-atribut marketplace Tokopedia. Kata Kunci: Karakteristik, Alasan Pertimbangan, Preferensi Konsumen, dan Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyarif Imam, Hidayat0718026301UNSPECIFIED
Thesis advisorEndang, Yektiningsih0015055708UNSPECIFIED
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Ike Yulyanti Dewi
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:00
Last Modified: 06 Jun 2022 07:00
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item View Item