BISNIS MADU DAN STRATEGI PENJUALAN PRODUK MECANA HONEY

ANNISA, SALMA ANDINI (2023) BISNIS MADU DAN STRATEGI PENJUALAN PRODUK MECANA HONEY. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. cOVER.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. Bab I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II - BAB IV)
3. Bab II - Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only until December 2026.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
4. Bab V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5. Daftar Pustaka.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
6. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 2026.

Download (569kB)

Abstract

Sektor pertanian mampu memberikan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian Indonesia. Salah satu subsektor pertanian unggulan Indonesia yang telah lama dipromosikan sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi adalah peternakan yang dikembangkan dan dikelola dengan baik melalui pendekatan sistem agribisnis. Budidaya lebah madu yang menjadi sektor pertanian dalam peternakan yang mampu menjadi alternatif peningkatan program kelestarian lingkungan menambahkan penghasilan dari hasil budidaya lebah madu. Adanya peningkatan konsumsi madu di masyarakat salah satunya dikarenakan situasi pandemi yang melanda di Seluruh dunia termasuk Negara Indonesia. Asumsi pada tahun 2020, sekitar 270,2 juta mengkonsumsi madu sekitar 60/gram/orang/tahun, dengan perkiraan kebutuhan di Indonesia sekitar 16.000 ton madu di tiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tren strategi penjualan produk madu Mecana Honey, alasan konsumen dalam membeli produk madu Mecana Honey dan menganalisis strategi penjualan produk Mecana Honey. Kegiatan penelitian ini dilakukan di Mecana Honey. Penentuan informan menggunakan metode Purposive Sampling dengan jumlah responden sebanyak 29 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptifkualitatif. Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil ramalan penjualan per bulan pada produk Mecana Honey dengan menggunakan trend pada Tahun 2022, 2023, 2024 sebesar Rp40.661.271, Rp49.688.556 dan Rp58.715.842. Alasan konsumen dalam membeli produk Mecana Honey adalah: kemasan menarik, produk berkualitas, harga bersaing, dan lokasi tersedia didekat tempat tinggal. Mecana Honey berada pada kuadran yang menjelaskan untuk menerapkan strategi yang agresif. Hasil ini juga menunjukkan bahwa terdapat kekuatan yang dimiliki oleh Mecana Honey dengan mencari investor untuk membantu proses pendanaan sehingga dapat memiliki outlet penjualan. (S1, O1), membuat varian kemasan produk yang lebih menarik (S2, O2), perluasan outlet penjualan (S2,O3) dan membuat paket usaha yang menarik agar lebih banyak reseller yang bergabung (S5, O6).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYARIF, IMAM HIDAYATNIDN0718026301UNSPECIFIED
Thesis advisorTEGUH, SOEDARTONIDN0720065601UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Magister Agribusiness
Depositing User: Annisa Salma Andini
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:10
Last Modified: 08 Jun 2023 03:10
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/14761

Actions (login required)

View Item View Item