ANALISIS RISIKO PEMASARAN KOMODITAS KAYU MANIS (CINNAMOMUM) PADA UD HILAL JAYA MAKMUR DI MOJOKERTO

ADELA, SILVIANA (2025) ANALISIS RISIKO PEMASARAN KOMODITAS KAYU MANIS (CINNAMOMUM) PADA UD HILAL JAYA MAKMUR DI MOJOKERTO. Risk Management of Cinnamon Commodity Marketing in Mojokerto. (Unpublished)

[img] Text (Cover)
Cover adelovyu new.pdf

Download (779kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2027.

Download (426kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2027.

Download (292kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2027.

Download (526kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)

Abstract

Salah satu komoditas unggulan Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan permintaan pasar yang luas, baik domestik maupun internasional yaitu kayu manis, yang sering dimanfaatkan dalam industri makanan, obat-obatan, dan kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam risiko pemasaran yang dialami oleh distributor, sehingga dapat mengidentifikasi peluang serta kendala utama dalam meningkatkan pemasaran kayu manis di UD Hilal Jaya Makmur, Mojokerto dengan menerapkan pendekatan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, serta analisis Failure Mode and Effects Analysis (FMEA), Diagram Fishbone dan Pareto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko utama yang dihadapi mencakup fluktuasi harga yang tidak menentu dan biaya transportasi yang mahal, sementara peluang melalui digitalisasi pemasaran, penjalinan kontrak jangka panjang dengan mitra mengingat tingginya permintaan rempah-rempah global. Namun, kendala signifikan masih meliputi akses pasar yang terbatas, standar mutu produk yang tidak konsisten, dan biaya distribusi yang terus meningkat, sehingga disarankan agar perusahaan membuat kontrak harga stabil dengan pembeli tetap, meningkatkan sistem penyimpanan bahan baku untuk menjaga kualitas serta menerapkan standar mutu yang sesuai regulasi, memperluas jangkauan penjualan melalui kanal offline maupun online, dan meningkatkan efisiensi distribusi secara keseluruhan guna mengatasi kendala tersebut dan mendukung keberlanjutan usaha.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSoedarto, TeguhNIP. 19560620 1987303 1004.teguh_soedarto@upnjatim.ac.id
Thesis advisorLaily, Dona WahyuningNIPPPK. 19830810 202421 2023.dona.wahyuning.agribis@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1401 Agriculture-Economic aspects
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: adela silviana siska
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:38
Last Modified: 10 Dec 2025 03:38
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/48320

Actions (login required)

View Item View Item