PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AZKO DI SURABAYA

Raihano, Keanrafi Daffa (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AZKO DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
Cover Perpus full.pdf

Download (962kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 December 2028.

Download (194kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 December 2028.

Download (159kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 December 2028.

Download (408kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 December 2028.

Download (165kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong perubahan besar dalam perilaku belanja masyarakat Indonesia. Aktivitas konsumsi kini bergerak ke arah platform digital, termasuk dalam sektor ritel perlengkapan rumah tangga. Transformasi ini membuka peluang sekaligus tantangan bagi perusahaan untuk mengelola strategi pemasaran yang relevan. Salah satu perusahaan yang mengalami dinamika signifikan adalah AZKO, merek baru hasil rebranding Ace Hardware yang resmi diluncurkan pada Januari 2025. Meski memiliki basis konsumen yang kuat, penjualan AZKO justru mengalami penurunan pasca rebranding, sehingga perusahaan membutuhkan strategi pemasaran digital yang lebih terarah untuk memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam konteks tersebut, pemanfaatan strategi social media marketing serta aktivitas e-WOM menjadi dua pendekatan utama yang dapat mendorong keyakinan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian produk AZKO di Surabaya”. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sebanyak 110 responden yang pernah membeli produk AZKO dan berdomisili di Surabaya dilibatkan sebagai sampel. Pengujian dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS. Berdasarkan temuan pada penelitian ini, ditunjukkan bahwa kedua hipotesis diterima. Variabel social media marketing dan electronic word of mouth terbukti memberikan kontribusi dalam meningkatkan keputusan pembelian produk AZKO di Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIzaak, Wilma CordeliaNIP198310202025212052wilma.izaak.mnj@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Economic and Business > Departement of Management
Depositing User: Keanrafi Daffa Raihano
Date Deposited: 03 Dec 2025 08:09
Last Modified: 03 Dec 2025 08:28
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/47621

Actions (login required)

View Item View Item