Pengaruh Brand Trust dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli pada Marketplace Tokopedia di Kota Surabaya

Fattah, Ilhan Samudra (2025) Pengaruh Brand Trust dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli pada Marketplace Tokopedia di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa TImur.

[img] Text
21012010140.- Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
21012010140.-BAB 1.pdf

Download (492kB)
[img] Text (BAB 2)
21012010140.-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (357kB)
[img] Text (BAB 3)
21012010140.-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (371kB)
[img] Text (BAB 4)
21012010140.-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (512kB)
[img] Text (BAB 5)
21012010140.-BAB 5.pdf

Download (394kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21012010140.-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21012010140.-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Kepercayaan Merek dan E-WOM memengaruhi minat Beli pada pengguna Tokopedia di Surabaya. Fokus penelitian diarahkan pada proses bagaimana faktor emosional dan rasional konsumen dalam lingkungan digital membentuk keputusan pembelian, terutama melalui tingkat kepercayaan terhadap merek serta ulasan yang dibagikan pengguna lain. Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan, dan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dipilih sebagai metode analisis. Teknik pengambilan sampel digunakan untuk memilih hingga 100 responden untuk mengumpulkan data langsung penelitian ini, yaitu masyarakat Surabaya yang sudah mengenal Tokopedia namun belum pernah melakukan transaksi di dalamnya. Setelah data diperoleh, SmartPLS digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil analisis memperlihatkan bahwa kepercayaan merek merupakan prediktor yang positif dan signifikan dari minat Beli, sedangkan E-WOM juga terbukti memberikan pengaruh positif yang signifikan. Temuan tersebut menegaskan bahwa gabungan antara kredibilitas merek dan informasi dari ulasan online mampu mendorong konsumen untuk berminat membeli. Secara keseluruhan, penelitian ini menambah pemahaman tentang perilaku konsumen di era digital serta memberikan masukan bagi Tokopedia dalam upayanya memperkuat kepercayaan dan citra merek di e-commerce Indonesia. Kata Kunci: Brand Trust, Electronic Word of Mouth, Purchase Intention, Tokopedia, Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDPudjoprastyono, HeryNIDN0718036202heryp.ma@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Economic and Business > Departement of Management
Depositing User: Ilhan Ilhan Samudra fattah
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:11
Last Modified: 08 Dec 2025 01:11
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/47506

Actions (login required)

View Item View Item