Pengaruh Kinerja Layanan Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Jawa Timur terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mitra Eksportir Pala

Marhendra, Suyanto (2025) Pengaruh Kinerja Layanan Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Jawa Timur terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mitra Eksportir Pala. Masters thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
00 Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
01 Bab I.pdf

Download (179kB)
[img] Text (Bab II)
02 Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (320kB)
[img] Text (Bab III)
03 Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (695kB)
[img] Text (Bab IV)
04 Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
05 Bab V.pdf

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text (Lampiran)
07 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Hasil metode analisis IPA untuk menentukan skala prioritas yang akan diperbaiki oleh BKHIT Jawa Timur yaitu memperbaiki layanan terhadap eksportir, dengan cara memberikan pelatihan atau bimbingan teknik kepada seluruh pegawai terutama di bagian pelayanan operasional terkait dengan prosedur dan ketepatan waktu pemeriksaan dan pengetahuan teknis dalam pelaksanaan ekspor. Analisa CSI untuk mengukur tingkat kepuasan layanan, diperoleh angka rata-rata 87,83%, yang menunjukkan pada kriteria sangat puas. Selanjutnya SEM-PLS yang menghasilkan nilai rata-rata loading factor: Kinerja (X): 0,777, kepuasan (Z): 0,896, loyalitas (Y): 0,867, sedangkan nilai Average Variance Extracted (AVE) pada indikator kinerja: 0,705, kepuasan: 0,806 dan Loyalitas: 0,752. Nilai rata-rata validitas diskriminan kinerja: 0,756, kepuasan: 0.709, loyalitas: 0,761, menunjukkan nilai valid dan sangat puas. Nilai tertinggi validitas diskriminan kinerja: 0,827, kepuasan: 0,968, loyalitas: 0,889. Sedangkan nilai reliabilitas komposit kinerja: 0,928, kepuasan: 0,946 dan Loyalitas: 0,921 yang menunjukkan nilai valid dan sangat puas. Pada uji R Square (ݑ2) untuk indikator kepuasan: 0.590 dan loyalitas: 0,894 sehingga dapat dinyatakan valid dan nilai ݑ2 = 0,894 ≥ 0,75, sedangkan Q Square (Q2) sebesar : 0,9565, menurut Hair, 2014 ini menunjukkan substansial (kuat), maka hipotesis ݐ0 dinyatakan ditolak dan H₁ diterima. Selanjutynya pada Path coefficients, kepuasan: 0,518, kepuasan: 0,767, loyalitas: 0,508, menurut menurut Hair, 2014 dinyatakan moderat. Kemudian total effect adalah VAF (Variance Accounted For) Kinerja (X) -> Kepuasan (Z) -> Loyalitas (Y), indirect mempunyai pengaruh mediasi sebesar 0,397 dan mempunyai pengaruh total Kinerja (X) -> Loyalitas (Y) = 0,905 atau nilai VAF: 43,87% yang menunjukkan adanya mediasi parsial.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMubarokah, MubarokahNIDN0714116201mubarokah@upnjatim.ac.id
Thesis advisorSetyadi, TaufikNIDN063086601taufik_setyadi@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Suyanto Marhendra Marhendra
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:45
Last Modified: 22 Sep 2025 08:45
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/44529

Actions (login required)

View Item View Item