Mahendra, I GUSTI AGUNG AYU (2025) SEKOLAH ALAM INTERNASIONAL DI KOTA BATU. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.
![]() |
Text (COVER)
organized (1)_merged.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (0B) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 15 September 2028. Download (0B) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 15 September 2028. Download (0B) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until 15 September 2028. Download (0B) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only until 15 September 2028. Download (0B) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only until 15 September 2028. Download (0B) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_merged.pdf Restricted to Repository staff only until 15 September 2028. Download (25MB) | Request a copy |
Abstract
Kualitas pendidikan Indonesia yang menempati posisi ke-74 dari 79 negara dalam survei PISA 2018. Fakta lapangan menunjukkan permasalahan kurikulum yang kompleks, metode pembelajaran monoton, dan sarana prasarana yang kurang memadai. Salah satu Langkah untuk meningkatkan pendidikan adalah dengan menggabungkan Kurikulum Internasional dengan konsep sekolah alam menghasilkan sifat berpikir kritis pada anak melalui sistem motoriknya sesuai pada kriteria dari penilaian PISA 2018. Terlebih lagi Kota Batu merupakan kota dengan alamnya yang berpotensi tinggi untuk lokasi Sekolah Alam tersebut hanya memiliki tiga sekolah dan keduanya tidak menggunakan alamnya langsung. Konsep rancangan mengacu pada tema "Learning by Naturing" agar diterapkan untuk proses bertumbuhnya anak yang belajar dengan alam melalui pendekatan arsitektur biofilik dengan Metode Nature-Based Design (NBD) diimplementasikan dengan mengkolaborasikan bangunan dan alam untuk mendukung pemikiran kreatif dan kritis siswa melalui integrasi fungsional dan ekologis dalam lingkungan pendidikan berbasis alam. Dengan dirancangnya Sekolah Alam Internasional di Kota Batu menggunakan pendekatan biofilik arsitektur diharapkan menjadi bangunan sarana edukasi dan pendidikan anak dengan bentuk biomorfik bunga Teratai pada bangunan dan tapak berkelok dan naik turun yang mengikuti kontur untuk menimbulkan rasa keingintahuan dan berpikir lebih kritis sesuai dengan kurikulum internasional yang menyatu dengan alam. Kata Kunci: Sekolah Alam, Arsitektur Biofilik, Nature-Based Design, Kota Batu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture | ||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Architecture | ||||||||
Depositing User: | IGAA Berliana Firly Mahendra | ||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:21 | ||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 02:21 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/43596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |