PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CV. SINAR FAJAR ALUMINIUM DAN KACA DI KOTA KEDIRI

Nur Lathifah, Mazaya (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CV. SINAR FAJAR ALUMINIUM DAN KACA DI KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img] Text (COVER)
COVER FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only until 10 September 2027.

Download (364kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (346kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (205kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (257kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 10 September 2027.

Download (9kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada CV. Sinar Fajar Aluminium dan Kaca di Kota Kediri. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fluktuasi penjualan perusahaan yang dipengaruhi oleh perubahan persepsi harga dan persaingan yang semakin ketat di industri bahan bangunan, serta perlunya peningkatan strategi pemasaran berbasis mutu produk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner kepada 80 responden yang merupakan konsumen CV. Sinar Fajar Aluminium dan Kaca. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS- SEM) untuk menguji hubungan antara variabel independen (kualitas produk dan persepsi harga) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini mengindikasikan bahwa performa, daya tahan, desain, dan kesan kualitas produk mampu meningkatkan minat dan keyakinan konsumen dalam membeli. Persepsi harga juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, yang berarti keterjangkauan harga, kesesuaian dengan kualitas, daya saing harga, dan kesesuaian harga dengan manfaat menjadi pertimbangan penting konsumen dalam mengambil keputusan. Temuan ini menegaskan bahwa untuk meningkatkan penjualan, CV. Sinar Fajar Aluminium dan Kaca perlu memadukan strategi peningkatan kualitas produk dengan penetapan harga yang sesuai nilai produk. Kata kunci: Kualitas Produk, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian, PLS-SEM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZawawi, ZawawiNIDN197006252021211003UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Economic and Business
Depositing User: mazaya nur lathifah
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:30
Last Modified: 10 Sep 2025 06:30
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/42418

Actions (login required)

View Item View Item