Ramadhani, Salsabila Putri (2025) STRATEGI MULTI-TRACK DIPLOMACY KOREA SELATAN DALAM PROGRAM GLOBAL HANSIK CAMPAIGN DI INDONESIA PADA TAHUN 2018-2024. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text
21044010129.-cover (1)-digabungkan (1).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
21044010129.-bab1.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text (BAB II)
21044010129.-bab2.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2027. Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
21044010129.-bab3.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2027. Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
21044010129.-bab4.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
21044010129.-daftar pustaka.pdf Download (296kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas strategi Multi-Track Diplomacy yang diterapkan oleh Korea Selatan dalam program Global Hansik Campaign di Indonesia selama periode 2018 hingga 2024. Kampanye ini merupakan bagian dari diplomasi budaya Korea Selatan untuk memperkenalkan kuliner tradisionalnya sebagai instrumen soft power guna meningkatkan citra nasional dan pengaruh global. Melalui kerangka Multi-Track Diplomacy yang dikembangkan oleh Diamond dan McDonald, penelitian ini mengidentifikasi lima jalur utama yang terlibat dalam kampanye tersebut, yaitu: Track 1 (diplomasi pemerintah), Track 2 (diplomasi non- pemerintah), Track 3 (diplomasi bisnis), Track 5 (diplomasi riset dan pendidikan), dan Track 9 (diplomasi media dan seni). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diplomasi Korea Selatan melalui berbagai aktor termasuk kementerian, lembaga budaya, perusahaan multinasional, universitas, komunitas diaspora, hingga media populer seperti K-Drama dan influencer berhasil menciptakan sinergi antar jalur diplomasi. Track 3 (bisnis) terbukti paling efektif dalam mendorong peningkatan ekspor makanan Korea dan pertumbuhan restoran Korea di Indonesia, sedangkan Track 1 dan Track 9 turut memperkuat citra budaya Korea. Penelitian ini menegaskan bahwa Global Hansik Campaign adalah bentuk diplomasi multilateral non-tradisional yang mampu memadukan budaya, ekonomi, dan media dalam satu strategi terintegrasi. Kata Kunci: Multi-Track Diplomacy, Global Hansik Campaign, Diplomasi Budaya, Korea Selatan, Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform J Political Science > JZ International relations |
||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations | ||||||||
Depositing User: | Salsabila Putri Ramadan | ||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:36 | ||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:36 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/42030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |