Najib, Fikrin (2025) STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS WEPOSE SURABAYA DALAM MEMBERDAYAKAN ANAK MARGINAL DI KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (Cover)
COVER_Fikrin Najib_21043010102.pdf Download (802kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I_Fikrin Najib_21043010102.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text (Bab II)
BAB II_Fikrin Najib_21043010102.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2027. Download (340kB) |
![]() |
Text (Bab III)
BAB III_Fikrin Najib_21043010102.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2027. Download (226kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV_Fikrin Najib_21043010102.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2027. Download (642kB) |
![]() |
Text (Bab V)
BAB V_Fikrin Najib_21043010102.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Fikrin Najib_21043010102.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_Fikrin Najib_21043010102.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2027. Download (423kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang digunakan oleh Komunitas WEPOSE dalam upaya pemberdayaan anak marginal di Kota Surabaya. Strategi komunikasi yang diterapkan dianalisis menggunakan lima tahapan strategi komunikasi menurut Hafied Cangara, yaitu penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pengukuran, dan pelaporan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada pengurus komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas WEPOSE melakukan strategi komunikasi secara terstruktur didukung dengan pendekatan komunikasi yang bersifat partisipatif dan dialogis, sehingga anak-anak dan masyarakat terlibat secara aktif dalam setiap tahapan kegiatan dan komunikasi. Program pemberdayaan yang dilakukan mencakup kegiatan edukasi seperti belajar rutin, serta kegiatan sosial seperti parenting, pelatihan remaja, cek kesehatan gratis, rekreasi edukatif, hingga kampanye sosial. Strategi ini terbukti mampu meningkatkan kapasitas anak-anak marginal dalam aspek pengetahuan, karakter, dan partisipasi sosial. Selain itu, penelitian ini merekomendasikan penguatan komunikasi partisipatif dalam menunjang upaya pemberdayaan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pemberdayaan Anak Marginal, Komunikasi Partisipatif, Komunitas WEPOSE
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | Fikrin Fikrin Najib | ||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:22 | ||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:22 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/39941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |