STRATEGI GLOBAL MARKETING PERUSAHAAN LUXURY BRAND SETELAH KONTROVERSI: STUDI KASUS BALENCIAGA TAHUN 2022 - 2024

Ramadhan, Moch Harris (2025) STRATEGI GLOBAL MARKETING PERUSAHAAN LUXURY BRAND SETELAH KONTROVERSI: STUDI KASUS BALENCIAGA TAHUN 2022 - 2024. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
21044010171.-cover.pdf

Download (532kB)
[img] Text (BAB 1)
21044010171.-bab1.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB 2)
21044010171.-bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 7 July 2027.

Download (408kB)
[img] Text (BAB 3)
21044010171.-bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 7 July 2027.

Download (419kB)
[img] Text (BAB 4)
21044010171.-bab4.pdf

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21044010171.-daftarpustaka.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis reputasi yang dialami Balenciaga pada tahun 2022 akibat kampanye iklan kontroversial yang menuai kritik publik global. Kondisi tersebut mendorong Balenciaga sebagai perusahaan multinasional di industri fesyen mewah menyesuaikan strategi pemasaran globalnya agar dapat mengembalikan citra mereknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang melatarbelakangi pemilihan brand ambassador oleh Balenciaga pasca kontroversi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alasan pemilihan lima figur publik, yakni Kim Kardashian, Nicole Kidman, Michelle Yeoh, Isabelle Huppert, dan PP Kritt sebagai representasi strategi promosi global Balenciaga. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan brand ambassador didasarkan pada empat indikator utama, yaitu popularitas, kredibilitas, daya tarik, dan daya pengaruh terhadap keputusan konsumen. Kelima figur tersebut dipilih karena jangkauan global, reputasi profesional, dan nilai-nilai yang sejalan dengan citra baru Balenciaga. Kesimpulannya, penggunaan duta merek yang strategis telah terbukti menjadi langkah efektif dalam memulihkan dan memperkuat citra merek setelah krisis reputasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurbantina, Adiasri PutriNIDN0020028601adiasri.hi.upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Unnamed user with email 21044010171@student.upnjatim.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:25
Last Modified: 08 Jul 2025 03:25
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/39262

Actions (login required)

View Item View Item