ANALISIS PENERIMAAN DAN KEBERHASILAN APLIKASI BICARAKAN.ID MENGGUNAKAN UTAUT DAN DELONE & MCLEAN

Wicaksono, Tegar Adi (2025) ANALISIS PENERIMAAN DAN KEBERHASILAN APLIKASI BICARAKAN.ID MENGGUNAKAN UTAUT DAN DELONE & MCLEAN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
21082010220.-cover.pdf

Download (462kB)
[img] Text (Bab 1)
21082010220.-bab1.pdf

Download (352kB)
[img] Text (Bab 2)
21082010220.-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2027.

Download (678kB)
[img] Text (Bab 3)
21082010220.-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2027.

Download (631kB)
[img] Text (Bab 4)
21082010220.-bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2027.

Download (978kB)
[img] Text (Bab 5)
21082010220.-bab5.pdf

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21082010220.-daftarpustaka.pdf

Download (338kB)
[img] Text (Lampiran)
21082010220.-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)

Abstract

Perkembangan layanan kesehatan mental berbasis digital memberikan solusi praktis dan fleksibel bagi masyarakat, khususnya generasi milenial, dalam mengakses layanan psikologis. Salah satu platform yang menyediakan layanan konseling online di Indonesia adalah aplikasi Bicarakan.id, yang telah menunjukkan tingkat adopsi yang tinggi. Namun, dari hasil observasi ditemukan beberapa keluhan dari pengguna di berbagai platform, seperti ketidaknyamanan dalam kinerja aplikasi dan kurangnya respon dari pihak penyedia layanan, sehingga menyebabkan hambatan dalam memperoleh layanan yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan dan keberhasilan aplikasi Bicarakan.id dengan menggabungkan dua pendekatan, yaitu Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dan DeLone & McLean. Proses analisis dilakukan dengan teknik Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) menggunakan software SmartPLS 4 dengan melibatkan 403 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Information Quality, Service Quality, dan Effort Expectancy berpengaruh positif dan signifikan terhadap User Satisfaction. Selain itu, User Satisfaction juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Continuance Intention. Sementara itu, variabel System Quality dan Performance Expectancy tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap User Satisfaction. Temuan ini didasarkan pada hasil uji Path Coefficient, di mana suatu hipotesis dinyatakan signifikan dan diterima apabila memiliki nilai P-Value kurang dari 0.05 dan T-Statistic minimal sebesar 1.96.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWulansari, AnitaNIDN0715108705anita.wulansari.sisfo@upnjatim.ac.id
Thesis advisorRahmawati, RafikaNIDNrafika.rahmawati.fasilkom@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Tegar Adi Wicaksono
Date Deposited: 18 Jun 2025 07:24
Last Modified: 18 Jun 2025 07:24
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/38208

Actions (login required)

View Item View Item