Ariputra, Andy (2025) Analisis pengaruh influencer marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian di marketplace tokopedia surabaya. Undergraduate thesis, Upn Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (Cover)
Cover-Abstrak.pdf Download (910kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1 Andy Atalla Ariputra.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 Andy Atalla Ariputra.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2027. Download (368kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 Andy Atalla Ariputra.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2027. Download (434kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 Andy Atalla Ariputra.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2027. Download (541kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 Andy Atalla Ariputra.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka Andy Atalla Ariputra.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran Andy Atalla Ariputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian di marketplace Tokopedia, khususnya di wilayah Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tren belanja online yang terus meningkat serta penggunaan media sosial sebagai media promosi yang semakin intens oleh para pelaku bisnis. Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 99 responden yang dipilih secara purposive sampling. Kriteria responden mencakup pengguna Tokopedia yang berdomisili di Surabaya, pernah melakukan transaksi, dan telah melihat promosi Tokopedia dari influencer. Data dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. lalu brand awareness menunjukkan pengaruh pada Keputusan pembelian. Temuan ini menyarankan bahwa perusahaan perlu memaksimalkan strategi digital marketing, terutama melalui influencer yang kredibel dan membangun kesadaran merek yang kuat untuk mendorong Keputusan pembelian di platform Marketplace. Kata Kunci: Influencer Marketing, Brand Awareness, Keputusan Pembelian, Tokopedia, Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economics | ||||||||
Depositing User: | Andy Atalla Ariputra | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 07:13 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 07:13 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/38127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |