RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BIDANG PENDAFTARAN, EKSTENTIFIKASI, DAN PENILAIAN (PEP) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DI KANWIL DJP JATIM II

Andini, Amelia Rizki (2025) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BIDANG PENDAFTARAN, EKSTENTIFIKASI, DAN PENILAIAN (PEP) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DI KANWIL DJP JATIM II. Project Report (Praktek Kerja Lapang). Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (111kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (196kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (653kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)

Abstract

Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi, dan Penilaian (PEP) merupakan salah satu bidang strategis di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur II, Bidang tersebut bertanggung jawab untuk melaksanakan bimbingan dan pemantauan pelaksanaan kebijakan teknis seperti pendaftaran, ekstensifikasi wajib pajak, pengawasan dan penggalian potensi perpajakan Wajib Pajak lainnya. Bidang PEP Kanwil Jatim II menaungi 12 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang berada di wilayah Jawa Timur. Selama ini, pengelolaan materi, file, dan dokumentasi kegiatan masih dilakukan melalui aplikasi bertukar pesan seperti WhatsApp. Namun, metode ini memiliki kelemahan signifikan, seperti file yang tidak terorganisir dengan baik, sulitnya mencari dokumen tertentu, serta terbatasnya kemampuan untuk memantau perkembangan kegiatan secara keseluruhan. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan dan inefisiensi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Selain itu, terdapat permasalahan dalam pengelolaan surat izin pegawai yang masih menggunakan sistem manual, yaitu pencatatan di buku untuk meminta tanda terima dari sekretaris Kanwil. Hal ini menyebabkan data sulit diorganisir dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan ini, dikembangkan sistem informasi berbasis web yang mendukung pengelolaan materi, berita terbaru, agenda, dokumentasi kegiatan, serta penyajian struktur organisasi, visi, dan misi Bidang PEP. Sistem ini juga membantu pengelolaan cuti pegawai yang memungkinkan pegawai mengajukan cuti secara lebih mudah. Sistem Informasi PEP berfungsi sebagai platform terstruktur yang memungkinkan pengguna mengakses file,kalender kegiatan, berita terkini, dan dokumentasi berupa foto dengan lebih mudah dan terorganisir, serta mempermudah pengelolaan cuti. Dengan sistem informasi berbasis web ini, Bidang PEP dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam menjalankan tugas, serta mempermudah akses informasi bagi pengguna.

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHadiwiyanti, RizkaNIP. 198607272018032001rizkahadiwiyanti.si@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: ms Amelia Rizki Andini
Date Deposited: 02 Jun 2025 01:44
Last Modified: 02 Jun 2025 01:44
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36633

Actions (login required)

View Item View Item