Wijanarko, Rendi Panca (2025) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MARKETPLACE UNTUK ONDERDIL DAN BENGKEL SEPEDA SERTA MOTOR LISTRIK DENGAN METODE DESIGN THINKING. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.
![]() |
Text (COVER)
21082010016.-cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
21082010016.-bab1.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (BAB II)
21082010016.-bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
21082010016.-bab3.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2027. Download (633kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
21082010016.-bab4.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2027. Download (25MB) |
![]() |
Text (BAB V)
21082010016.-bab5.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
21082010016.-daftarpustaka.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21082010016.-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2027. Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan kendaraan listrik, khususnya sepeda dan motor listrik, mendorong meningkatnya kebutuhan akan layanan perawatan dan onderdil. Namun, masih minim aplikasi yang secara langsung menghubungkan pelanggan dengan bengkel sebagai penyedia layanan dan onderdil. Selama ini, komunikasi di antara keduanya masih bergantung pada aplikasi kirim pesan yang belum terintegrasi dengan kebutuhan spesifik pelanggan. Skripsi ini merancang antarmuka pengguna (UI/UX) aplikasi BETULIN yang menghubungkan pelanggan dengan penyedia layanan dan onderdil dalam satu platform. Guna merancang UI/UX aplikasi BETULIN, peneliti menggunakan metode Design Thinking yang meliputi lima tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasilnya adalah desain yang intuitif dan sesuai kebutuhan pengguna dalam mengakses layanan serta onderdil untuk sepeda dan motor listrik. Evaluasi menunjukkan bahwa BETULIN memenuhi kriteria usability dan efektivitas, serta pemenuhan kebutuhan pelanggan. Tahap pengujian menunjukkan hasil positif dengan tingkat learnability 100% (bengkel dan pelanggan), memorability 100% (bengkel) dan 96% (pelanggan), serta efisiensi 78,1% (bengkel) dan 76,0% (pelanggan). Nilai error sangat rendah (0,11). Skor kepuasan mencapai 81,75% (bengkel) dan 83,2% (pelanggan), didukung skor SUS 78,75 dan 73,5. Sedangkan, evaluasi heuristik menunjukkan angka 85,7% untuk peran bengkel dan 89,3% untuk peran pelanggan sehingga keduanya masuk dalam klasifikasi Sangat Baik. Kata kunci : UI/UX, Design Thinking, Marketplace, Sepeda Listrik,Motor Listrik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Rendi Panca Wijanarko | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2025 06:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Oct 2025 06:51 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |