PEMETAAN GLOBAL MUSIC VALUE CHAIN ADOR ENTERTAINMENT: STUDI KASUS ALBUM “SUPERNATURAL” OLEH NEWJEANS TAHUN 2024

Hidayati, Anugrah Nurul (2025) PEMETAAN GLOBAL MUSIC VALUE CHAIN ADOR ENTERTAINMENT: STUDI KASUS ALBUM “SUPERNATURAL” OLEH NEWJEANS TAHUN 2024. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_COVER)
21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_BAB I)
21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_BAB I.pdf

Download (704kB)
[img] Text (21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_BAB II)
21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2028.

Download (1MB)
[img] Text (21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_BAB III)
21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 May 2028.

Download (726kB)
[img] Text (21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_BAB IV)
21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_BAB IV.pdf

Download (229kB)
[img] Text (21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_DAFTAR PUSTAKA)
21044010078_Anugrah Nurul Hidayati_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

file:///C:/Users/USER/Downloads/ilovepdf_merged%20(1).pdfADOR (All Doors One Rooms) merupakan salah satu perusahaan industri hiburan Korea Selatan yang bergerak secara independen di bawah HYBE Corporation, dan menaungi girlband NewJeans yang didebutkan pada tahun 2022 yang lalu. Dalam menjalankan bisnisnya di industri hiburan, ADOR telah mengimplementasikan pendekatan Global Music Value Chain sebagai salah satu strategi. Penelitian ini berfokus untuk menganalisis strategi bisnis ADOR Entertainment dengan menggunakan studi kasus album “Supernatural” NewJeans pada tahun 2024. Peneliti melihat bahwa unsur Global Music Value Chain (GMVC) telah terjadi pada album “Supernatural” pada aspek fungsi utama, mulai dari kreasi, produksi, distribusi, dan eksibisi, serta pada aspek fungsi pendukung berupa pelatihan, pengarsipan dan manajemen hak cipta. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini memetakan adanya kontribusi dari lintas batas negara dalam aspek fungsi utama maupun fungsi pendukung yang telah dilakukan oleh ADOR Entertainment dengan mengacu kepada konsep Global Music Value Chain. Kata Kunci: Global Music Value Chain, ADOR Entertainment, Bisnis Internasional, K-Pop, NewJeans.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurbantina, Adiasri Putri386021303591adiasri.hi@upnjatim.ac.id
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Anugrah Nurul Hidayati
Date Deposited: 20 May 2025 08:33
Last Modified: 20 May 2025 08:33
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36255

Actions (login required)

View Item View Item