KUALITAS PELAYANAN DI PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) GIRI TIRTA KABUPATEN GRESIK (Studi di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik)

NAHARUDDIN, ANISYA (2024) KUALITAS PELAYANAN DI PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) GIRI TIRTA KABUPATEN GRESIK (Studi di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
20041010168_Cover.pdf

Download (823kB)
[img] Text (Bab 1)
20041010168_Bab1.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Bab 2)
20041010168_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2027.

Download (280kB)
[img] Text (Bab 3)
20041010168_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2027.

Download (335kB)
[img] Text (Bab 4)
20041010168_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2027.

Download (414kB)
[img] Text (Bab 5)
20041010168_Bab5.pdf

Download (135kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20041010168_Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)
[img] Text (Lampiran)
20041010168_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2027.

Download (505kB)

Abstract

Ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan publik. Perusahaan Umum Daerah Giri Tirta Kabupaten Gresik memiliki peran penting dalam menyediakan layanan air bersih bagi masyarakat, khususnya di Kecamatan Manyar yang menjadi wilayah strategis dengan tingkat kebutuhan yang terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk. Namun, terdapat berbagai keluhan dari pelanggan terkait kualitas pelayanan yang diberikan, sehingga diperlukan evaluasi mendalam untuk mengetahui kesesuaian antara harapan dan persepsi pelanggan terhadap layanan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Perumda Giri Tirta menggunakan teori Service Quality, yang mencakup lima dimensi utama: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 100 responden dari pelanggan aktif Perumda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan di Perumda Giri Tirta Kabupaten Gresik di Kecamatan Manyar diklasifikasikan dalam cukup baik. Tetapi, terdapat kesenjangan (gap) antara harapan dan persepsi pelanggan pada semua dimensi kualitas pelayanan. Terutama pada dimensi responsiveness dan empathy yang menunjukkan gap terbesar, sehingga perlu disoroti peningkatan ketanggapan layanan dan perhatian lebih terhadap kebutuhan pelanggan. Selain itu, respon terhadap keluhan pelanggan juga menjadi faktor signifikan yang memengaruhi kepuasan mereka. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWIDIYARTA, AGUSNIDNUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: anisya naharuddin
Date Deposited: 12 Dec 2024 04:31
Last Modified: 12 Dec 2024 04:31
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/32945

Actions (login required)

View Item View Item