Royyan, Muhammad (2024) ANALISIS HUBUNGAN KEPADATAN, VOLUME, DAN KECEPATAN LALU LINTAS DENGAN MODEL GREENSHIELDS DAN GREENBERG (Ruas Jalan Panglima Sudirman – Ruas Jalan Bengawan Solo Kabupaten Nganjuk). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.
Text (COVER)
19035010017_COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 1)
19035010017_BAB 1.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 2)
19035010017_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 10 December 2027. Download (468kB) |
|
Text (BAB 3)
19035010017_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 10 December 2027. Download (536kB) |
|
Text (BAB4)
19035010017_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until 10 December 2027. Download (9MB) |
|
Text (BAB 5)
19035010017_BAB 5.pdf Download (91kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
19035010017_DFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19035010017_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only until 10 December 2027. Download (7MB) |
Abstract
Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, yang memiliki kondisi dan struktur tanah yang cukup produktif untuk berbagai jenis tanaman, baik tanaman pangan maupun tanaman perkebunan sehingga sangat menunjang pertumbuhan ekonomi di bidang pertanian. Pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat di Kabupaten Nganjuk mengakibatkan meningkatnya volume lalu lintas yang berpengaruh pada kelancaran berkendara di sejumlah jalan Kabupaten Nganjuk yang mengakibatkan kemacetan terutama pada ruas jalan Panglima Sudirman – ruas jalan Bengawan Solo Nganjuk, hal ini disebabkan oleh adanya kegiatan perdagangan yang sangat padat. Dalam studi penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan memetakan hubungan matematis Volume - Kepadatan - Kecepatan lalu lintas, sehingga dapat diperoleh nilai kecepatan arus bebas, kepadatan maksimum dan volume maksimum pada ruas jalan Panglima Sudirman – ruas jalan Bengawan Solo Kabupaten Nganjuk, dengan mengunakan metode Greenshields dan metode Greenberg. Diperoleh hasil hubungan antara survey dan analisis menggunakan kedua metode jika segmen 4 jalur A memiliki nilai koefisien determinasi tertinggi yaitu 0.966 dan 0.919. Berdasarkan pengolahan representasi grafis hubungan volume, kecepatan dan kepadatan tersebut di atas, model terbaik untuk menggambarkan kepadatan kemacetan lalu lintas dalam kondisi jenuh (Dj) adalah model Greenshield yang memperoleh nilai antara 148.383 hingga 233.981 emp/km, sedangkan model Greenberg mencapai nilai kepadatan 410.644 – 2330.903 smp/km pada kondisi kemacetan tinggi tersebut. Dengan demikian metode Greenberg sudah cukup dan layak digunakan dalam menganalisis karakteristik lalu lintas Jalan Panglima Sudirman - Jalan Bengawan Solo Nganjuk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Royyan . | ||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:24 | ||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:24 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/32719 |
Actions (login required)
View Item |