ANALISIS HUBUNGAN VOLUME KEPADATAN DAN KECEPATAN ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN RAYA RACI – BANGIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE GREENSHIELDS

Ramadhani, Nadya Mutiara (2024) ANALISIS HUBUNGAN VOLUME KEPADATAN DAN KECEPATAN ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN RAYA RACI – BANGIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE GREENSHIELDS. Undergraduate thesis, UPN Veteran jawa Timur.

[img] Text (COVER)
19035010048_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
19035010048_BAB 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB 2)
19035010048_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 December 2027.

Download (588kB)
[img] Text (BAB 3)
19035010048_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 December 2027.

Download (477kB)
[img] Text (BAB 4)
19035010048_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 December 2027.

Download (5MB)
[img] Text (BAB 5)
19035010048_BAB 5.pdf

Download (194kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
19035010048_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19035010048_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kota Bangil merupakan salah satu kota yang terletak di Jalur Pantura yang juga dinobatkan sebagai tempat industrial estate terbesar kedua di Jawa Timur setelah SIER, atau biasa disebut PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang). Penelitian ini dilakukan pada Ruas Jalan Raya Raci yang merupakan jalan utama di Kota Bangil yang termasuk kedalam Jalur Pantura, sehingga jalan ini sering digunakan sebagai jalur keluar masuknya berbagai macam moda transportasi, seperti sepeda, sepeda motor, mobil, truk dan juga bus, hal tersebut menyebabkan volume pada Ruas Jalan Raya Raci cukup tinggi dan akan terus bertambah seiring berkembangnya jumlah penduduk. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis karakteristik lalu lintas dimana analisis ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat keselamatan dan tingkat kelancaran lalu lintas. Penelitian ini mengunakan model pendekatan matematis antara volume, kepadatan dan kecepatan yang dilakukan menggunakan metode Greenshields, yang kemudian dibandingkan dengan kapasitas menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (2014). Pada penelitian ini, survei dilakukan pada pukul 08.00 – 16.00, dengan total 5 hari survei yaitu pada hari Senin hingga hari Jumat di setiap ruas segmennya. Dari penelitian ini menunjukkan nilai kecepatan arus bebas (Sff) tertinggi terjadi pada Segmen 1 Jalan Raya Raci hari Senin, 08 Januari 2024 arah (Bangil - Pasuruan) dengan nilai Sff = 73,080 km/jam, kapasitas atau arus maksimum (VM) tertinggi terjadi pada segmen 3 ruas Jalan Raya Raci arah (Pasuruan - Bangil) dengan nilai VM = 464,038 emp/jam, kecepatan pada kondisi arus lalulintas maksimum (SM) tertinggi terjadi pada segmen 1 ruas Jalan Raya Raci arah (Bangil - Pasuruan) dengan nilai SM = 36,540 km/jam, dan kepadatan pada kondisi arus lalulintas maksimum (DM) tertinggi terjadi pada segmen 3 ruas Jalan Raya Raci arah (Pasuruan - Bangil) dengan nilai DM = 14,798 emp/km.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWibisana, HendrataNIDNhendrata.ts@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Nadya Mutiara Ramadhani
Date Deposited: 11 Dec 2024 03:28
Last Modified: 11 Dec 2024 03:28
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/32716

Actions (login required)

View Item View Item